Tuesday, 12 November 2019

Berita

Berita Utama

Berkah Budidaya Jamur Tiram Bagi PMI

-

00.10 28 October 2019 114

-

Ponorogo, BNP2TKI (28/10) - - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) bersama dengan Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI) melaksanakan Kegiatan Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna dan Keluarganya angkatan III tahun anggaran 2019 dilaksanakan di Aula Kantor Desa Lembah Kec. Babadan Kab. Ponorogo mulai tanggal 22 s.d 27 Oktober 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari PMI purna maupun keluarga PMI.

Kasubdit Fasilitasi dan Rehabilitasi PMI Purna Suwedi, mengatakan materi tentang Program Pemberdayaan Terintegrasi BNP2TKI. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana pelatihan dan pendampingan kewirausahaan mandiri bagi PMI Purna dan keluarganya. Kegiatan ini berbasis budidaya jamur, dimana produknya adalah budidaya jamur tiram. 

Peserta kegiatan pemberdayaan dengan antusias mengikuti praktek/magang budidaya Jamur Tiram di UD. Berkah Putra Ragil yang dikelola oleh M. Ulin Nuha. Pada awalnya, materi dilakukan dengan penjelasan materi dan tanya jawab. Selanjutnya, Peserta praktek langsung cara membuat baglog, mulai dari mencampur komposisi baglog, mengisikan ke dalam plastik, memadatkan, menutup plastik, mengoven, sampai dengan memasukkan inokulum dan sterilisasi.

M. Ulin Nuha dari UD. Berkah Putra Ragil menyampaikan materi mengenai tempat lokasi budidaya jamur (kumbung) yang ideal, sekaligus sesi tanya jawab mengenai proses budidaya jamur maupun kumbung.

Peserta sangat aktif dan antusias selama mengikuti kegiatan ini, karena prospek budidaya jamur tiram di Ponorogo sangat bagus, dimana seluruh petani jamur baru bisa menyuplai kebutuhan jamur sebanyak 60% di Ponorogo, sedangkan sisanya jamur didatangkan dari daerah sekitar ponorogo seperti Trenggalek dan Pacitan.

Kegiatan pemberdayaan terintegrasi bagi PMI Purna dan keluarganya ditutup oleh Kepala Desa Lembah dan diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan Kelompok PMI Purna. ** (Humas / LP3TKI Surabaya / EKO)