Wednesday, 18 September 2019

Berita

Berita Utama

BNP2TKI dan BNI Adakan Bazar Murah dan Pameran Produk PMI Purna

-

00.05 21 May 2019 966

Suasana saat seremonial potong pita oleh Deputi Perlindungan, Anjar Prihantoro (Tengah) didampingi Kepala BP3TKI Jakarta, Mucharom (Kiri) dan Kepala D

Jakarta, Senin (20/5/2019)__Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh umat Muslim di seluruh dunia menjalani ibadah puasa dan juga menjadi berkah bagi orang lain melalui sedekah. Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan yang istimewa karena menjalani ibadah puasa, sekaligus mendamaikan diri dengan sesama melalui amal baik, menyucikan diri dan bersedekah. Dalam rangka merayakan bulan Ramadhan yang mulia ini, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Jakarta menggandeng PT. Bank Negara Indonesia (BNI) mengadakan Bazar murah dan pameran Produk PMI Purna di halaman Kantor BP3TKI Jakarta, Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (17/5/2019).

Deputi Perlindungan, Anjar Prihantoro, hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi dan kemudian dilanjutkan dengan ceremonial pemotongan pita di area Bazar produk PMI Purna. Dalam sambutan yang disampaikan, Deputi Perlindungan menyampaikan terimakasih kepada seluruh Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI), PMI dan PMI Purna beserta keluarganya yang turut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

“Berdasarkan latar belakang terkait permasalahan PMI dan juga dengan adanya Undang-Undang baru (UU Nomor 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia), tujuan utama pemerintah menjalankan visinya dalam hal ini BNP2TKI adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan bagi PMI itu sendiri dan keluarganya”, ungkap Anjar Prihantoro. 

Menurut Anjar, sejak tahun 1973 silam, mulai ramai PMI yang bekerja ke luar negeri namun pekerjaan yang mereka lakoni di luar negeri hanya sebatas konstruksi dan perusahaan jasa. Sehingga pada saat itu, banyak masyarakat Indonesia terutama dari pulau Jawa dan mayoritas orang muda laki-laki (remaja dewasa) yang diberangkatkan keluar negeri untuk bekerja di bidang konstuksi seperti pemasangan pipa, tukang las, teknisi mesin dan listrik dan sebagainya. Namun, memasuki tahun 1980-an, mulai banyak pekerja perempuan tertarik bekerja ke luar negeri dan kebanyakan merambah pekerjaan sebagai asisten rumah tangga (PLRT/ Pekerja Laksana Rumah Tangga). 

“Lepas dari ini semua, tujuan utamanya apa? Intinya adalah berangkat bekerja ke luar negeri tentu untuk memperbaiki keadaan ekonomi keluarga. Sehingga saat bekerja di luar negeri harus bisa menyisihkan gajinya untuk menabung. Sehingga begitu kembali ke Indonesia membuka usaha. Memperdaya keluarga dan orang-orang sekitar. Dengan begitu, tidak perlu bekerja kembali ke luar negeri karena sudah memiliki usaha sendiri”, ujar Anjar dihadapan hadirin yang sebagian besar Calon PMI, PMI purna dan keluarga. 

Selanjutnya pada kesempatan yang sama, Kepala BP3TKI Jakarta, Mucharom, mengatakan bahwa ini kerjasama pengadaan Bazar murah yang ke-3 kali dari Bank BNI yaitu pertama kali tahun 2014 kemudian 2018 dan jelang lebaran kali ini (2019). 

“Terimakasih atas kepercayaan Bank BNI untuk bekerjasama dengan BNP2TKI dalam hal ini BP3TKI Jakarta, semoga kepercayaan ini tetap terjaga dan kegiatan seperti ini akan terus diadakan di tahun-tahun selanjutnya dan akan lebih semarak dan lebih baik lagi dari yang sudah dilakukan saat ini”, ungkap Mucharom. 

Mucharom melanjutkan bahwa, kegiatan ini adalah wujud nyata dari sinergisitas yang dibangun dengan bank pemerintah (BNI) dalam memberikan pelayanan paripurna kepada PMI. Bazar murah ini sejatinya adalah wujud kepedulian Bank BNI kepada para PMI khususnya yang sudah menggunakan program “Smart-remitance” dan ini sengaja dilakukan menjelang hari raya lebaran karena biasanya remintasi mulai mengalir ke tanah air saat masa seperti ini. Ini juga bagian dari menyemarakan suasana jelang lebaran. 

“Tentunya ini juga bagian dari bentuk nyata bahwasanya pemerintah melalui BNP2TKI dalam hal ini BP3TKI Jakarta terus melakukan kegiatan dalam rangka memberikan pelayanan semaksimal mungkin khususnya kepada para Calon PMI, PMI dan PMI Purna melalui pameran produk-produk PMI Purna yang sudah berwirausaha selama ini di tanah air. Selama ini sudah lebih dari seribu PMI Purna yang dilatih BP3TKI Jakarta (sejak 2010-2019)”, tegas Mucharom. 

Kemudian, Kepala Divisi Internasional Bank BNI, Eko Prasetyo mengatakan bahwa tema Bazar murah kali ini adalah “Bazar Murah BNI, Ramadhan Bersama Pekerja Migran Indonesia (PMI)”.

 “Atas nama BNI, kami mengucapkan atas kehadiran dan partisipasi dari semua yang hadir dalam acara ini. Acara ini merupakan komitmen Bank BNI sebagai apresiasi bank BNI kepada para PMI dan keluarganya yang telah berjuang memberikan kontribusi devisa kepada negara. Tahun ini bank BNI memberikan 5000 paket sembako murah senilai 90.000 rupiah per paket dengan menjual per paket senilai 17.000 rupiah”, jelas Eko.

Turut hadir, Deputi Perlindungan BNP2TKI, Anjar Prihantoro, Mucharom (Kepala BP3TKI Jakarta), Eko Prasetyo (Kepala Divisi Internasional Bank BNI), Andi Mustajab (Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Propinsi DKI Jakarta), Perwakilan dari kantor Kecamatan Ciracas (Jakarta Timur), Perwakilan dari BPJS cabang Ceger (Jakarta Timur), Perwakilan dari Bank BNI cabang Ciracas, serta para Calon PMI, PMI Purna dan keluarga juga beberapa staf BNP2TKI dan staf BP3TKI Jakarta.**(Humas/Lily)