Tuesday, 22 October 2019

Berita

Berita Utama

BNP2TKI Lakukan Bimtek Aplikasi Sistem Informasi PDLN (SIMPEL) Setneg dan Aplikasi Exit Permit 2.0 Kemenlu

-

00.10 4 October 2019 345

Bimtek Aplikasi Sistem Informasi PDLN (SIMPEL) Setneg dan Aplikasi Exit Permit 2.0 Kemenlu

Jakarta, BNP2TKI, (3/10) - - Dalam rangka peningkatan kualitas layanan perizinan Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN), Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melaksanakan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Perjalanan Dinas Luar Negeri (SIMPEL) Kementerian Sekretariat Negara dan Aplikasi Exit Permit 2.0, Kementerian Luar Negeri.

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh peserta yang menangani ketatausahaan dan yang menangani administrasi PDLN dilingkungan BNP2TKI, Bimtek ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari dengan narasumber Kepala Bagian PDLN Biro KTLN Kementerian Sekretariat Negara, De' Norraliana Ali Gryan dan Kepala Seksi Pendataan Direktorat Konsuler Kementerian Luar Negeri  R. Terry Subagja Kamis 3/10/2019, di Auditorium BNP2TKI. 

Kepala Biro Perencanaan dan Administrasi Kerja Sama BNP2TKI, Heni Hamidah, S.Sos., M.Si. saat memberikan sambutannya menyampaikan bahwa administrasi PDLN selama ini dilakukan atau di koordinir oleh Biro Perencanaan dan Administrasi Kerjasama, jadi masing-masing unit teknis mengajukan permohonan ke kami selanjutnya kami yang memproses administrasinya, terang Heni. 

Heni juga menyampaikan sebagaimana kita ketahui kita tengah dalam transisi menunggu lahirnya Badan baru. Dan Badan baru nanti pengurusan administrasi PDLN akan ditangani oleh Tata usaha masing-masing unit kerja dan akan di koordinir oleh Tata Usahaan Pimpinan, dan akan ditangani oleh pejabat Tata usaha masing-masing unit. 

Bimtek ini merupakan transfer knowledge karena kita tahu terkadang adminitrasi PDLN sering kita anggap mudah atau digampangkan saja, tapi kenyataannya tidak semudah itu kalau administrasinya tidak lengkap pasti tidak akan keluar SIMPELnya atau Exit Permitnya atau bahkan tidak keluar visanya. 

Saya harapkan untuk Bimtek kali ini harus diikuti oleh semua peserta dengan baik agar semua dapat memahami apa yang harus dilakukan kedepanya. Paling tidak teman-teman tahu tahapannya,ungkap Heni. 

Sementara itu Sekretaris Utama BNP2TKI, Tatang Budie Utama Razak menyampaikan kegiatan ini sangat penting dan berguna karena nanti kedepannya setiap orang yang akan melakukan tugas bepergian ke luar negeri harus mengurus administrasinya sendiri melalui unit kerja atau Direktoratnya masing-masing, sudah tidak bisa melaui Biro Perencanaan dan Administrasi Kerjasama lagi. 

melalui bimtek aplikasi Sistem Informasi PDLN Kementerian Sekretariat Negara dan aplikasi Exit Permit Kementerian Luar Negeri diharapkan setiap peserta mampu menyerap dan memahami alur administrasi atau persyaratan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang PDLN, tegas Tatang. **** (Humas / Agrit).