Monday, 24 February 2020

Berita

Berita Utama

BP3TKI Bandung menggandeng Kemnaker untuk melatih PMI Purna di Kabupaten Subang

-

00.12 20 December 2019 197

BP3TKI Bandung selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat pekerja migran.

Subang, BNP2TKI (20/12/2019)____BP3TKI Bandung selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat pekerja migran. Salah bukti dari pelayanan tersebut adalah dengan selalu memikirkan dan berusaha memberikan jalan keluar bagaimana para pekerja migran indonesia yang sudah kembali ke tanah air untuk memanfaatkan uang yang telah dikumpulkan selama bekerja di Negara penempatan sebagai modal usaha.

Dengan dasar pemikiran diatas, BP3TKI Bandung bekerja sama dengan kementrian tenaga kerja melaksanakan kegiatan bertajuk “pemberdayaan terintegrasi PMI Purna dalam rangka bantuan penciptaan wirausaha baru melalui pemberdayaan tenaga kerja mandiri”. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari mulai dari hari Rabu, 18 Desember 2019 ini diikuti oleh peserta sebanyak 20 PMI Purna dari daerah Subang. Pelatihan budi daya dan pembuatan pakan ikan lele dirasa cocok untuk dilaksanakan di Subang mengingat kondisi geografis daerah Subang yang asri sangat mendukung untuk usaha budidaya perikanan. Selain itu daerah subang juga dikenal sebagai kantong PMI khususnya untuk wilayah asia pasifik. “Tujuan kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dan sinergi antara kemnaker dengan BNP2TKI untuk menciptakan kesempatan kerja di sector informal dan mengembangkan kader-kader wirausaha baru yang mandiri dan produktif dengan mengoptimalkan sumber daya alam di daerah” ungkap Neng Wepi selaku kepala seksi perlindungan dan pemberdayaan BP3TKI Bandung.

Dalam kegiatan pelatihan ini, peserta mendapatkan berbagai ilmu dan informasi mulai dari kebijakan pemberdayaan tenaga kerja mandiri yang diberikan oleh Direktur Pemberdayaan BNP2TKI, Agustinus Gatot Hermawan, SH., MH, motivasi wirausaha oleh kepala BP3TKI Bandung, Delta, SH., MM, pelatihan manajemen keuangan disampaikan oleh Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Bandung, Neng Wepi SH., MH strategi pemasaran dari Rumah kemasan, serta pelatihan budidaya dan pembuatan pakan ikan lele dari Bina Insan Mandiri.

Selain mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan, nantinya peserta kegiatan akan mendapatkan bantuan dari kementerian ketenagakerjaan berupa mesin pembuat pakan ikan dan bantuan peralatan lainnya senilai 40 Juta Rupiah. Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan bisa membentuk tekad dan kemampuan untuk melakukan kegiatan usaha dan mampu menciptakan lapangan kerja mandiri. **(Humas/BP3TKI Bandung)