Wednesday, 18 September 2019

Berita

Berita Utama

BP3TKI Jakarta Kembali Fasilitasi CPMI ke Taiwan Melalui Program SP2T

-

00.09 9 September 2019 252

BP3TKI Jakarta saat memfasilitasi proses seleksi empat CPMI ke Taiwan Melalui Program SP2T

Jakarta, BNP2TKI (6/9) - - BP3TKI Jakarta melaksanakan seleksi perekrutan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Shin Kong Textile Co., Ltd. Taiwan melalui program Special Program Placement To Taiwan (SP2T) batch IV di Kantor BP3TKI Jakarta pada Jumat, (06/09). Seleksi ini diikuti oleh delapan orang CPMI dari beragam daerah.

Dihadiri oleh Kepala BP3TKI Jakarta, Kasubdit Pemetaan Potensi Tenaga Kerja Luar Negeri BNP2TKI, Kepala Seksi dan Kelembagaan Pemasyarakatan Program BP3TKI Jakarta, ke delapan CPMI melaksanakan sesi wawancara dan seleksi melalui skype langsung oleh Human Resources Department (HRD) Shin Kong Textile Co., Lt Taiwan, Direct Hiring Selection Center (DHSC) Taiwan, serta Kamar Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) Taiwan. Sebagian besar pertanyaan wawancara meliputi latar belakang, motivasi kerja, keahlian dan lain sebagainya.

Setelah tahap wawancara dan seleksi selesai, hanya empat orang CPMI yang sesuai kriteria dan dinyatakan diterima untuk proses penyelesaian dokumen pemberangkatan. Keempat kandidat tersebut adalah Cindy Oktrinavyra (Jakarta), Siti Hardiyanti (Bogor), Eka Ristyawati (Lampung) dan Octaviani (Blitar).

Kepala BP3TKI Jakarta, Mucharom Ashadi menjelaskan bahwa program ini merupakan program khusus yang sangat membantu para CPMI dalam hal pendanaan biaya pemberangkatan.

“Program ini merupakan program khusus, karena CPMI dapat menghemat biaya pemberangkatan. Semua biaya yang dikeluarkan nantinya akan dikembalikan oleh pihak perusahaan kecuali biaya paspor”, jelasnya.

Mucharom menambahkan bahwa, Curriculum Vitae (CV) untuk peserta yang gagal seleksi tetap akan diinformasikan ke perusahaan – perusahaan lain di Taiwan.

Kasubdit Pemetaan Potensi Tenaga Kerja Luar Negeri BNP2TKI, Yudi Prasetyo menerangkan bahwa sampai saat ini terdapat 66 data CPMI yang akan diproses dan dikirim ke KDEI Taiwan untuk selanjutnya diserahkan ke DHSC.

Sebelumnya, BP3TKI Jakarta telah memfasilitasi tujuh orang CPMI untuk bekerja pada perusahaan yang sama sejak bulan Mei lalu. Pada batch I sebanyak dua CPMI lolos seleksi, batch II sebanyak tiga CPMI dan batch III sebanyak dua CPMI. CPMI ini nantinya akan bekerja selama tiga tahun.

Bagi para pencari kerja yang berniat mengikuti program SP2T ini dapat mengirimkan CV dan lamaran kerja ke email kelembagaan.bp3tkijkt@gmail.com atau bisa mengunjungi website www.bp3tkijakarta.com. Bagi yang ingin mendaftar secara online dapat pula melalui portal jobsinfo BNP2TKI. (BP3TKI Jakarta/pw/rs) editor : F