Tuesday, 12 November 2019

Berita

Berita Utama

BP3TKI Tanjungpinang Berbagi Takjil Untuk Masyarakat Daerah Kijang Bintan  

-

00.05 24 May 2019 485

Kegiatan berbagi takjil dilaksanakan sekaligus dengan kegiatan sosialisasi penempatan dan perlindungan PMI aman dan prosedural oleh BP3TKI Tanjungpin

 

Tanjungpinang, BNP2TKI, Jumat (24/5/2019)___Momen bulan puasa ramadan, ternyata juga dimanfaatkan oleh BP3TKI Tanjungpinang dalam menebar kebaikan. Selasa (21/5) yang lalu, dipelopori oleh seksi kelembagaan dan pemasyarakatan program, BP3TKI Tanjungpinang mengadakan kegiatan berbagi takjil gratis bagi pengunjung di sekitar area Mesjid Raya Kijang, Kabupaten Bintan. Kegiatan berbagi takjil tersebut dilaksanakan sekaligus dengan kegiatan sosialisasi penempatan dan perlindungan PMI aman dan prosedural. Pemilihan pelaksanaan kegiatan di Kijang dikarenakan daerah tersebut merupakan lokasi pelabuhan kapal Pelni di Pulau Bintan, dan sering menjadi tempat transit bagi para pendatang khususnya dari wilayah timur Indonesia, seperti Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan yang hendak berangkat bekerja menuju Malaysia.

Pukul 15.30 sore, mobi-link milik BP3TKI Tanjungpinang telah terparkir di halaman Mesjid Raya Bintan. Delapan orang staf BP3TKI Tanjungpinang yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Kelembagaan dan Pemasyarakatan Program, Reonald Simanjuntak, terlihat telah bersiap menata takjil yang akan dibagikan. Namun sebelum takjil mulai dibagikan, tim menyebar terlebih dahulu untuk melaksanakan sosialisasi dan pembagian brosur kepada pengunjung yang mulai memadati taman di sekitar masjid untuk bersantai atau ngabuburit.

Reonald menerangkan bahwa kegiatan sosialisasi sekaligus dibarengi dengan pemberian takjil gratis tersebut baru pertama kali dilaksanakan di BP3TKI Tanjungpinang. Ia menilai momen ngabuburit dalam menghabiskan waktu sambil menunggu bedug berbuka, dapat dimanfaatkan sekaligus sebagai ajang sosialisasi mengenai P2PMI.

“Kami akan terus berupaya memanfaatkan tren yang ada pada masyarakat dan mengkombinasikannya dengan kebutuhan penyampaian informasi kepada masyarakat mengenai P2PMI, sehingga output kegiatan dapat lebih tepat sasaran” ungkap Reonald.

Pengunjung pun tampak antusias dengan kegiatan sosialisasi sekaligus berbagi takjil tersebut. Hidangan takjil yang disiapkan mulai dari kolak pisang dan labu, cendol, gorengan serta jajanan pasar tampak ludes diserbu oleh para pengunjung yang kebanyakan masih berusia muda. Para muda-mudi tersebut juga merasa tak sungkan menanyakan mengenai jobs info dan peluang bekerja ke luar negeri kepada para petugas yang sekaligus merangkap pramusaji takjil.

Suksesnya kegiatan sosialisasi sekaligus berbagi takjil tersebut, membuat Kepala BP3TKI Tanjungpinang, Mangiring Sinaga, tampak antusias dan bersemangat. Ia bahkan berniat untuk mengulangi kegiatan dengan tema yang sama, namun di spot berbeda yang tak kalah ramai dan potensial untuk dilakukan sosialisasi.

Sinaga merasa kegiatan ini dapat memberikan manfaat serta memberi image yang baik bagi masyarakat terhadap BP3TKI Tanjungpinang. Selain itu, momentum berbagi kebaikan di bulan suci Ramadan tersebut, menurut Sinaga tentu akan meingkatkan kualitas keimanan bagi para staf khususnya yang menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Kegiatan yang berlangsung di taman Mesjid Raya Kijang tersebut berlangsung hingga pukul 18.00, sesaat sebelum azan magrib berkumandang. Kegiatan tersebut ditutup dengan seluruh staf yang beragama Islam, ikut menunaikan ibadah Salat Magrib berjamaah di Mesjid Raya Kijang, Kabupaten Bintan.**(Humas/BP3TKI Tanjungpinang/Irf)