Tuesday, 20 August 2019

Berita

Berita Utama

Merubah Mind Set Mahasiswa Keperawatan Unand

-

00.08 9 August 2019 153

Kepala BP3TKI Padang mencoba merubah mind set mahasiswa Keperawatan Unand terhadap peluang kerja luar negeri pada Kamis, 08 Agustus 2019

BNP2TKI, Padang- Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Padang berupaya untuk merubah mind set mahasiswa jurusan keperawatan mengenai tenaga perawat dan pasar kerjanya. BP3TKI Padang, berharap mahasiswa keperawatan yang masih dalam masa pendidikan tekun menimba ilmu dan meningkatkan kompetensinya agar dapat bersaing di pasar tenaga kerja.  Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BP3TKI Padang, Dra. Lismia Elita, MM kepada 263 mahasiswa keperawatan Universitas Andalas , pada Kamis, 08 Agustus 2019.

“Merubah mind set masyarakat mengenai peluang kerja di luar negeri merupakan salah satu tugas dari (BP3TKI ) Padang sebagai unit pelaksana teknis di daerah.  Masih banyak masyarakat di Sumatera Barat yang beranggapan bahwa bekerja ke luar negeri itu hanyalah untuk tenaga pelaksana rumah tangga atau Pelaksana Rumah Tangga (PRT). Padahal banyak peluang kerja lainnya yang dapat diisi” ungkap Dra. Lismia Elita, MM, Kepala BP3TKI Padang.

Berdasarkan data Rencana Pengembangan Tenaga Kesehatan Tahun 2011-2025 Kementerian Kesehatan RI diperkirakan pada tahun 2017 telah terjadi kelebihaan jumlah lulusan keperawatan di Indonesia sebanyak 57.612 orang sehingga tidak terserap oleh lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia.  Sedangkan untuk Sumatera Barat sendiri terdapat sebanyak 2.328 lulusan keperawatan pada  tahun 2017. Dan, tidak semuanya terserap pada lapangan yang tersedia di Sumtera Barat.

 

“Sayang sekali, mahasiswa keperawatan Universitas Andalas yang sudah kuliah bersusah payah dan dengan biaya yang tidak sedikit, ketika lulus bingung untuk bekerja ke mana.  Jika, memang sudah merasa peluang kerja di dalam negeri tidak memenuhi dan gajinya tidak sesuai dengan harapan, maka lihatlah peluang kerja ke luar negeri,” jelas Lismia.

 

Peluang kerja tenaga kesehatan di luar negeri terdapat di berbagai negara contohnya Jepang, Amerika, Kanada, Timur Tengah dan Taiwan. Pada tahun 2017 dan 2018 tercatat sebanyak 339 orang tenaga perawat yang dibutuhkan di Saudi Arabia dengan gaji antara 1700 SR- 3200 SR atau sebesar Rp. 6 juta- RP 12 juta. Sedangkan, peluang kerja ke negara Jepang untuk tenaga careworker dan nurse dibuka setiap tahunnya oleh BNP2TKI dengan skema kerja sama antara pemerintah dengan pemerintah atau Goverment  to Goverment (G to G).

 

“Bekerja ke luar negeri terutama negara maju seperti Amerika dan Kanada, semestinya menjadi impian dari peserta didik tenaga kesehatan khususnya perawat. Tak hanya belajar banyak pengetahuan baru namun juga pengalaman yang belum tentu di dapatkan dalam negeri. Namun, memang untuk dapat bekerja ke sana dan memiliki gaji sebesar Rp. 75 juta diperlukan usaha dan perjuangan yang luar biasa. “, kata Lismia.

 

Peluang kerja di  Amerika dan Kanada menjadi peluang kerja yang bisa dimanfaatkan oleh tenaga kesehatan Indonesia yang sudah memiiki kompetensi . Adapun beberapa prasyaratan yang harus dipenuhi yakni memiliki Sertifikat RN (Registered Nurse) – NCLEX, Pendidikan Formal Min D-3, Pengalaman 5 Tahun Atau S-1 Pengalaman 3 Tahun, Pendidikan Ners Diakui Sebagai Pengalaman Kerja, TOEFL Min 550 Atau IELTS 6,5.

 

Kepala BP3TKI Padang mengungkapkan rasa bangganya terhadap prestasi  salah satu Lulusan Unand yang bernama Ikka Khairunnisa Zuardi. Ia telah berperan serta dan lulus dalam Pilot Project Penempatan Perawat Ke Amerika Serikat bersama BNP2TKI pada tahun 2019 ini. Ikka yang merupakan lulusan Unand tahun 2015 ini telah dinyatakan lulus tahap seleksi dan menunggu penugasan ke negara Amerika pada akhir Agustus mendatang.

 

“Saya berharap masih banyak Ikka yang lain di Sumatera Barat. Perawat yang mau berusaha dan meningkatkan kompetensinya untuk bersaing di dunia internasional. Saya sangat yakin akan banyak potensi terpedam dan siap  mencoba peluang kerja luar negeri yang tersedia.” Ujar Lismia. (Humas/bp3tkipdg/dba)