Monday, 24 February 2020

Berita

Berita Utama

Penanganan Kasus CORONAVIRUS oleh KBRI Singapura

-

00.02 13 February 2020 300

Ilustrasi Foto: ISTIMEWA

JAKARTA, BP2MI (13/02) - - merujuk berita fax (Brafax) dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura dan diterima oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BPPMI).

KBRI Singapura terus melakukan komunikasi dan pemantauan secara intensif terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini berada di Singapura baik yang positif terkena virus Corona maupun yang masih dilakukan pemeriksaan oleh Dokter dari Rumah Sakit di Singapura.

Berdasarkan update data yang diterima oleh Ministry of Health (MOH) Singapura, terdapat 385 orang yang dicurigai terkena virus corona, yaitu: sebanyak 295 orang yang negatif virus corona, 62 orang yang masih menunggu hasil pemeriksaan, 28 orang yang positif virus corona dan 1 orang yang telah pulih dan diperbolehkan pulang.

WNI berusia 44 tahun tersebut yang positif terkena virus corona merupakan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja sebagai pekerja rumah tangga di Singapura, majikan WNI dimaksud juga positif terkena virus corona, kesehariannya bekerja di toko alat kesehatan yang melayani turis dari RRT, walaupun warga Singapura dan WNI tersebut tidak ada riwayat bepergian ke RRT.

Penularan virus dari turis RRT ke warga Singapura tersebut merupakan kasus transmisi lokal coronavirus pertama yang dikonfirmasi di Singapura, namun sejauh ini dinyatakan belum ada penyebaran secara luas ke komunitas masyarakat di Singapura.

Pada kesempatan ini, KBRI Singapura meminta waktu khusus guna menanyakan mengenai kondisi WNI ditetapkan oleh MoH positif coronavirus. Disampaikan bahwa saat ini WNI tersebut dirawat di ruang isolasi Singapore General Hospital dan dalam kondisi stabil.

KBRI Singapura akan terus memonitor perkembangan coronavirus di Singapura termasuk WNI yang saat ini sedang mendapatkan perawatan. Biaya karantina bagi suspect coronavirus dan pengobatan (medical treatment) kasus positif coronavirus dibiayai oleh Pemerintah Singapura.

MoH menyampaikan terhadap warga negara asing di Singapura untuk memperhatikan update terkini perkembangan coronavirus melalui website MoH https://www.moh.gov.sg/2019-ncov-wuhan untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi MoH general enquiry hotline di nomor 63259220. ** (HUMAS / BP2MI).