Tuesday, 18 June 2019

Berita

Berita Utama

BP3TKI Serang dan BNI Selenggarakan Pasar Murah

-

00.05 31 May 2019 182

Deputi Perlindungan, Anjar Prihantoro, dalam kegiatan "Ramadhan Bersama PMI - Pasar Murah BNI 1440 H'' di halaman kantor BP3TKI Serang.

BNP2TKI, Serang, (29/05) ___ Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui BP3TKI Serang bekerja sama dengan Bank BNI mengadakan kegiatan bertema "Ramadhan Bersama PMI - Pasar Murah BNI 1440H di halaman kantor BP3TKI Serang, Banten". (28/05/2019)

Deputi Perlindungan Anjar Prihantoro mengatakan dibulan yang penuh berkah dan karomah ini, hendaknya kita senantiasa selalu mengedepankan istiqomah dan bertawadhu.

"Hal ini sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad kepada setiap umat Muslim untuk selalu mempunyai sikap tawadhu atau tidak sombong dan selalu tolong-menolong antar sesama", ujar Anjar. 

Kepala BP3TKI Serang yang juga ketua panitia kegiatan ini, Ade Kusnadi, menyebutkan bahwa terapat 500 paket sembako murah dengan harga Rp. 17.000 mendapatkan sembako bernilai Rp. 90.000 yang diperuntukan bagi nasabah BNI, PMI purna dan keluarganya di Kabupaten Lebak dan Pandeglang, Rumah PMI di Kabupaten Pandeglang, Komunitas  Keluarga Buruh Migran serta masyarakat sekitar di lingkungan kantor BP3TKI Serang dan juga para pegawainya.

Ditambahkan Ade, bahwa selama 2015 hingga 2018, pelayanan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di BP3TKI Serang berjumlah 74.887 orang. Hingga akhir bulan April 2019 lalu, sudah 4.683 PMI diberangkatkan ke negara penempatannya masing-masing. Diharapkan dengan kegiatan ini menjadi ajang promosi mengenai program BP3TKI Serang bagi masyarakat, sehingga dapat menekan dan mengurangi pemberangkatan PMI secara non prosedural.

"Dari ribuan orang PMI tersebut, tidak sedikit yang membutuhkan bantuan pihak bank untuk pembiayaan dalam proses mereka ditempatkan di negara tujuan, salah satunya yaitu pihak Bank BNI. Kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya bagi Bank BNI dan jajarannya telah membantu para pahlawan devisa untuk dapat berkontribusi kepada negara, salah satunya dengan diadakannya kegiatan yang sudah berlangsung sejak Ramadan tahun 2018 lalu ini. Semoga di tahun-tahun mendatang, Bank BNI dan bank-bank lainnya juga dapat berpartisipasi dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka masing-masing di kegiatan untuk mensejahterakan PMI Purna dan keluarganya seperti ini," lanjut Ade.

Selain diikuti oleh para perwakilan BNP2TKI dan BP3TKI Serang serta para PMI purna binaan BP3TKI Serang, kegiatan yang dihadiri juga oleh perwakilan dari Bank BNI cabang Serang, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Banten, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang dan Lebak, serta Kementerian Agama Kota Serang.

Rahmanto, Kepala Cabang Bank BNI Serang, mengungkapkan bahwa kegiatan pasar murah BNI 1440H bersama PMI ini merupakan bukti komitmen dan apresiasi Bank BNI kepada para PMI dan keluarganya yang telah berjuang di luar negeri untuk memberikan kontribusi devisa kepada negara. 

"Hal ini merupakan bukti komitmen Bank BNI dan BP3TKI Serang untuk melaksanakan program pemberdayaan PMI purna untuk pengembangan usaha mereka setelah kembali dari luar negeri. kedepannya diharapkan para PMI Purna dapat mengolah usahanya sendiri tanpa harus bekerja kembali ke luar negeri dan mereka dapat mengelola keuangnnya dengan baik," tutup Rahmanto.

Gatot Hermawan, Direktur Pemberdayaan BNP2TKI ditemui dikesempatan yang sama menyatakan kegiatan pasar murah untuk menyambut hari raya Idul fitri ini merupakan media promosi yang sangat strategis bagi pelaku usaha maupun produsen dalam mempromosikan dan mengembangkan pemasaran produknya.

"Sekali lagi apresiasi kita berikan kepada Bank BNI yang hari ini hadir bersama-sama dengan BP3TKI Serang untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan memenuhi kebutuhan pokoknya melalui pasar murah ini dan harapan kami bahwa pasar murah ini dapat diselenggarakan rutin setiap tahunnya," kata Gatot.

Pasar murah rejeki BNI yang berlangsung selama 2 hari, 28 dan 29 Mei 2019 ini memasarkan produk para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan BP3TKI Serang yang terdiri dari PMI Purna dan keluarganya di Provinsi Banten, contohnya PMI purna dari Serang dengan produk dari bahan rumput laut yang diolah menjadi dodol, kerupuk ikan dan juga mie ayam.

Selain pasar murah dan bazaar produk PMI purna, disediakan juga booth di tempat acara untuk para pengunjung dapat memeriksakan kesehatannya secara gratis. **** (Humas/Agrit/Lintang).