RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BNP2TKI Adakan Safari Ramadhan Selama 15 Hari

Cetak
Senin, 10 Agustus 2009 11:37



Image
Ada pula bentuk kegiatannya berupa peluncuran program BNP2TKI, peresmian job fair (pameran bursa kerja luar negeri) BNP2TKI, serta meresmikan kantor unit teknis BNP2TKI yaitu Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) di Serang, Banteng mapun di Yogakarta. Termasuk peninjauan pusat latihan kerja luar negeri (Balai Latihan Kerja) daerah dan silaturrahmi dengan pemuka masyarakat ataupun pesantren. Kepala bagian Hubungan Masyarakat BNP2TKI. Rosyandi Moenzier mengatakan, “Selain itu, kegiatan safari ramadhan akan diisi forum dialog dengan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS—dulu PJTKI/Perusahaan Jasa TKI), Lembaga Swadaya Masyarakat, dan kunjungan ke kantor redaksi media massa daerah sebagai ajang saling meningkatkan pengertian (kerjasama),” seraya menambahkan program sahur bersama TKI di penampungan juga merupakan bagian dari safari ramadhan BNP2TKI.
BNP2TKI Adakan Safari Ramadhan Selama 15 Hari

Jakarta, BNP2TKI (Senin, 10/8). Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) kembali melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan untuk lebih mendekatkan dengan TKI di berbagai daerah khususnya Pulau Jawa, yakni Propinsi Banten, Jawa Barat, Jawa tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sebagaimana safari ramadhan tahun lalu yang mengusung tema, “Menyapa TKI”, pelaksanaan Safari Ramadhan II kali ini diberi tema, “Lebih Dekat dengan TKI”, serta dimulai pada 31 Agustus-15 September 2009 yang akan diikuti langsung Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat, pejabat BNP2TKI eselon I, II, III, dan sejumlah wartawan peliput dari media massa nasional selama lima belas hari penuh perjalanan.

Demikian dikatakan Kepala bagian Hubungan Masyarakat BNP2TKI, Rosyandi Moenzier di Jakarta (10/8). Menurut Rosyandi, rombongan safari ramadhan BNP2TKI berjumlah 40 orang, menggunakan dua bus ukuran sedang ditambah beberapa mobil kecil untuk perbekalan makanan, obat-obatan, buku maupun brosur BNP2TKI, dan alat-alat sosialisasi lainnya.

Pada hari pertama (Senin, 31/8), kata Rosyandi, rombongan safari ramadhan berangkat dari Kantor BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav.52, Jakarta menuju Tangerang, Banten untuk berdialog sekaligus buka puasa bersama TKI di Terminal IV, Gedung Pendataan Kepulangan TKI, Area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Selanjutnya, rombongan berangkat ke Serang, Pandeglang, Lebak (Banten). Setelah itu, daerah/kota di Jawa Barat akan dikunjungi di antaranya Sukabumi, Cianjur, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Garut, Tasikmalaya, serta Ciamis. Untuk Jawa Tengah, kegiatan safari ramadhan akan berlangsung di Cilacap, Banyumas (Purwokerto), Kebumen, Purworejo, Solo, dan Wonogiri. Di Yogyakarta, Bantul dan Kota Yogyakarta merupakan kota acara safari ramadhan BNP2TKI.

Sedangkan kota/daerah di Jawa Timur untuk kegiatan tersebut yaitu Pacitan, Ponorogo, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Malang, Jember, Probolinggo, Sidoarjo, serta Surabaya. Namun demikian, Kabupaten Bangkalan juga akan dilalui oleh safari ramadhan sekaligus merupakan tempat terakhir tujuan safari ramadhan BNP2TKI.

Ditambahkan Rosyandi, pada tahun lalu kegiatan safari ramadhan BNP2TKI juga diawali dari Propinsi Banten, namun kemudian menyusuri daerah/kota di Jawa bagian utara selama sepuluh hari penuh. “Tapi, safari ramadhan II ini lebih merambah ke kota-kota/daerah Jawa bagian selatan,” jelas Rosyandi.

Safari Ramadhan untuk Sosialisasi Program BNP2TKI

Dikatakan Rosyandi, tujuan safari ramadhan untuk melakukan sosialisasi program BNP2TKI, terkait penempatan dan perlindungan TKI. Di samping itu, kegiatan itu dilakukan untuk memperat koordinasi dengan pemerintah daerah, baik propinsi maupun kabupaten/kota dalam rangka kerjasama pelayanan (penanganan) TKI.

Kegiatan safari ramadhan, tambahnya, dikemas dalam rangkaian pertemuan/dialog dengan pemerintah daerah, pertemuan dan bukan puasa dengan TKI/calon TKI, keluarga TKI serta mantan TKI di balai desa/kecamatan, ceramah sosialisasi penempatan maupun perlindungan TKI di sekolah kejuruan atau perguruan tinggi, dan peninjauan ke kantong-kantong (basis perkampungan) TKI.

Ada pula bentuk kegiatannya berupa peluncuran program BNP2TKI, peresmian job fair (pameran bursa kerja luar negeri) BNP2TKI, serta meresmikan kantor unit teknis BNP2TKI yaitu Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) di Serang, Banteng mapun di Yogakarta. Termasuk peninjauan pusat latihan kerja luar negeri (Balai Latihan Kerja) daerah dan silaturrahmi dengan pemuka masyarakat ataupun pesantren.

“Selain itu, kegiatan safari ramadhan akan diisi forum dialog dengan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS—dulu PJTKI/Perusahaan Jasa TKI), Lembaga Swadaya Masyarakat, dan kunjungan ke kantor redaksi media massa daerah sebagai ajang saling meningkatkan pengertian (kerjasama),” ujar Rosyandi, seraya menambahkan program sahur bersama TKI di penampungan juga merupakan bagian dari safari ramadhan BNP2TKI. ***

 
Berita Populer

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com