RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BNP2TKI Selamatkan 93 CTKI Korban Penyelundupan

Cetak
Selasa, 11 Mei 2010 04:59



...Menurut Brigen (Pol) Dede Jayalaksana, Direktur Pengamanan BNP2TKI di Jakarta, Senin (10/5), 93 CTKI itu rata-rata berasal dari Pulau Jawa dan kasusnya melibatkan sejumlah perusahaan pengerah tenaga kerja Indonesia di Jakarta serta beberapa pelaku perorangan... "Untuk para CTKI yang ditangkap saat ini berada di kantor perwakilan BNP2TKI di Pontianak dan Entikong, Kalimantan Barat, untuk dilakukan proses pemulangan atau redokumentasi," jelasnya.

BNP2TKI Selamatkan 93 CTKI Korban Penyelundupan

Jakarta, (BNP2TKI, 10/5) - Direktur Pengamanan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Brigjen (Pol) Dede Jayalaksana, mengatakan sepanjang pekan lalu pihaknya berhasil menyelamatkan sekitar 93 calon TKI korban penyelundupan atau tindak perdagangan manusia ke Malaysia dan Brunei Darussalam, yang akan dikirim melalui perbatasan di Kalimantan Barat khususnya Entikong.

Menurut Dede di Jakarta, Senin (10/5), 93 CTKI itu rata-rata berasal dari Pulau Jawa dan kasusnya melibatkan sejumlah perusahaan pengerah tenaga kerja Indonesia di Jakarta serta beberapa pelaku perorangan.

Penangkapan terhadap mereka dilakukan di Entikong sebanyak 37 CTKI, sedangkan 56 CTKI lainnya ditangkap dalam penampungan di Singkawang dan Pontianak, Kalimantan Barat.

"Kesalahannya menyangkut pemalsuan dokumen atau non prosedural, yang berindikasi kuat terjadinya tindak perdagangan orang," kata Dede.

Ditambahkan, tim direktorat pengamanan BNP2TKI yang mengupayakan penangkapan itu bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Kalimantan Barat serta Kepolisian Sektor Singkawang maupun Entikong.

Sementara terkait nama perusahaan yang melakukan kejahatan tersebut, Dede menyebut di antaranya PT Al Hijaz Indo Jaya, PT Irfan Jaya Saputra, PT. Pancamanah Utama, PT. Multi Lintas Buana Raya, PT. Maha Barakah Rizki, PT. Bali Duta Mandiri, dan PT. Yosa Mitra Mandiri.

"Untuk para CTKI yang ditangkap saat ini berada di kantor perwakilan BNP2TKI di Pontianak dan Entikong, Kalimantan Barat, untuk dilakukan proses pemulangan atau redokumentasi," jelas Dede. (mfr)

 
Berita Populer

  photography: affandi, herry hidayat, joko purwanto, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com