RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

Pemkab Banyuwangi Kesulitan Data Calo TKI

Cetak
Selasa, 15 Juni 2010 00:35



Pemkab Banyuwangi Kesulitan Data Calo TKIPemkab Banyuwangi Kesulitan Data Calo TKI

Banyuwangi, (BNP2TKI) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kesulitan melegalisasi para calo perekrutan tenaga kerja Indonesia (TKI) menyusul minimnya data dan terbatasnya jumlah pengawas di lapangan.

"Petugas pengawas lapangan hanya berjumlah dua orang yang harus mencakup 24 kecamatan. Idealnya jumlah petugas 10 orang," kata Kepala Bagian Fungsional Penempatan Tenaga Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Banyuwangi, Yazid Brantanaka, Minggu (13/6).

Meski legalisasi calo perekrutan TKI telah diinstruksikan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) di masing-masing daerah, pihaknya belum mempersiapkan langkah-langkah selanjutnya. "Kami belum menerima surat edaran tertulis terkait legalisasi calo perekrutan TKI sehingga belum ada persiapan apa pun sampai sekarang," katanya.

Ia mengutarakan sulitnya mendata calo karena calon TKI di Banyuwangi masih banyak yang memilih menggunakan jalur tidak resmi dengan tanpa menggunakan dokumen resmi atau merekayasanya.

"Kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan masyarakat. Paling tidak, masyarakat harus bisa memilih PJTKI (Pengerah Jasa Tenaga Kerja Indonesia) resmi saat memutuskan menjadi TKI," katanya.

Pada 2006 Disosnakertrans Banyuwangi sempat membentuk tim pemantau pemberangkatan TKI ke luar negeri yang melibatkan kepolisian. Namun tim itu tidak berjalan karena tidak adanya anggaran yang dialokasikan dalam APBD setempat.

Dia menyadari, mestinya keberadaan tim tersebut sangat penting untuk mendata jumlah calo dan PJTKI guna meminimalisasi kasus penipuan. Apalagi Banyuwangi merupakan salah satu daerah pemasok TKI tertinggi di Jawa Timur.

Di Banyuwangi, baru 52 PJTKI yang terdaftar di pemerintah daerah setempat. Sementara itu, jumlah TKI pada 2009 tercatat 1.406 orang dari 5.253 pencari kerja terdaftar di Dinsosnakertrans. Hingga Juni 2010 sudah ada 204 TKI yang diberangkatkan ke luar negeri. "Malaysia menduduki peringkat pertama negara tujuan TKI asal Banyuwangi," kata Yazid.

Kantung-kantung TKI di Banyuwangi tersebar di sejumlah kecamatan, seperti Tegaldelimo, Purwoharjo, dan Benculuk.***(ANT/TOHA)

 
Berita Populer

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com