RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BP3TKI Serang Dukung Pembentukan Asosiasi TKI Purna Banten

Cetak
Selasa, 15 Juni 2010 00:45



Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Serang Sumardik
“Kami mengharapkan BP3TKI bisa memfasilitasi TKI Purna mendapatkan kredit murah dan pembinaan yang intensif,” pinta Kepala BP3TKI Serang Sumardik seraya mengharapkan pembentukan Asosiasi TKI Purna bisa dilakukan 2 (dua) bulan mendatang. Khalid mengungkapkan selama ini anggotanya banyak yang menekuni usaha mulai dari kelontong, budidaya kepiting, budidaya rumput laut dan usaha lainnya.

BP3TKI Serang Dukung Pembentukan Asosiasi TKI Purna Banten

Serang, BNP2TKI (14/6) -- Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Serang, Drs Sumardik, M.Si mendukung gagasan percepatan pembentukan Asosiasi TKI Purna untuk Provinsi Banten. Melalui wadah ini, diharapkan calon TKI, Keluarga TKI, dan TKI Purna mampu mensosialisasikan program-program pemerintah di bidang penempatan dan perlindungan TKI.

“Saya sangat mendukung upaya pembentukan lembaga Asosiasi TKI Purna di Serang Banten oleh para mantan TKI,” ujar Sumardik ketika menerima kunjungan TKI Purna yang kini menjadi motivator TKI di Serang, Khalid Mikdar di kantornya di Serang, Jum’at (11/6).

Menurut Sumardik, dengan wilayah binaan yang sangat luas, Kabupaten Serang yang memiliki 32 kecamatan, masalah sosialisasi penempatan dan perlindungan TKI merupakan tantangan yang harus dihadapi.

Karena itu, katanya, dengan adanya rencana pembentukan Asosiasi TKI Purna diharapkan bisa menjadi partner pemerintah untuk memerangi ulah calo-calo yang merebak di desa-desa di wilayah Banten.

“Kami mengharapkan Asosiasi ini juga memberikan penyadaran kepada calon TKI bahwa bila mereka ingin menjadi TKI uruslah melalui prosedur legal dan PPTKIS yang jelas,” harapnya.

Menjawab permintaan Kepala BP3TKI, Khalid mengatakan pihaknya selama ini memang sudah memberikan pemahaman kepada para calon TKI agar jangan mengurus dokumen keberangkatannya kepada calo atau sponsor.

Diakui Khalid, meski dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) ada keterbatasan, namun melalui anggota binaanya yang berjumlah lebih dari 2.000 orang, pesan kepada Calon TKI untuk menghindari calo terus dilakukan.

Kepada Kepala BP3TKI, Khalid menyampaikan harapannya agar para TKI Purna di wilayah binaanya di Serang dapat dibantu penguatan usahanya utamanya di bidang permodalan, pembinaan manajemen dan pemasaran.

“Kami mengharapkan BP3TKI bisa memfasilitasi TKI Purna mendapatkan kredit murah dan pembinaan yang intensif,” pintanya seraya mengharapkan pembentukan Asosiasi TKI Purna bisa dilakukan 2 (dua) bulan mendatang.

Khalid mengungkapkan selama ini anggotanya banyak yang menekuni usaha mulai dari kelontong, budidaya kepiting, budidaya rumput laut dan usaha lainnya. (zul)

 
Berita Populer

  

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com