RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

Empat TKI Korban Kapal Tenggelam di Korea Dipulangkan

Cetak
Rabu, 05 Januari 2011 05:30



Empat TKI Korban Kapal Tenggelam di Korea Dipulangkan

Jakarta, BNP2TKI (4/1)-- Sebanyak 4 (empat) orang Anak Buah Kapal (ABK) Tenaga Kerja Indonesia yang berhasil selamat dari peristiwa tenggelamnya kapal ikan “Insung No. 1”, telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan penerbangan Malaysia Airlines MH 727 pada Sabtu lalu.

Kepulangan 4 ABK WNI tersebut didampingi oleh Pejabat Fungsi Konsuler KBRI Wellington serta difasilitasi penjemputannya oleh Direktorat Perlindungan WNI dan BHI. Para ABK WNI tersebut kemudian diserahkan kepada keluarga yang ikut menjemput mereka.

Kapal ikan Korea Selatan “Insung No. 1” tenggelam di bagian selatan Selandia Baru atau tepatnya di 1000 nautica miles (1.850 km) North of McMurdo base atau 2.700 km South East of Bluff pada 13 Desember 2010 yang lalu.

Pada kapal tersebut terdapat 42 ABK yang teridiri dari 11 WNI, 8 WN Korea Selatan, 8 WN Cina, 11 WN Vietnam, 3 WN Filipina dan 1 WN Rusia.

Dari ke-42 orang ABK tersebut, 20 orang telah berhasil diselamatkan oleh sebuah kapal berbendera Korsel lainnya, 17 orang masih dinyatakan hilang dan 5 orang dinyatakan meninggal dunia.

Sementara, dari 11 ABK asal Indonesia, 4 orang dinyatakan selamat, 2 meninggal dunia dan 5 hilang. Jenazah 2 ABK WNI yang meninggal, direncanakan akan tiba di Jakarta pada 31 Desember 2010

Direktorat Perlindungan WNI dan BHI bersama-sama dengan KBRI Seoul dan KBRI Wellington terus mengupayakan agar hak-hak para ABK dapat segera diberikan. Koordinasi dengan masing-masing agen baik di Korea Selatan maupun Indonesia yang memperkerjakan para ABK WNI tersebut terus dilakukan.

Pemulangan keempat ABK WNI tersebut merupakan perwujudan kepedulian dan keberpihakan pemerintah, serta hasil kerja keras Perwakilan RI di luar negeri dalam upaya memberikan perlindungan yang optimal kepada WNI di luar negeri. (zul)

 
Berita Populer

  

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com