RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BP3TKI Medan Tunggu Protap Pengaduan Online

Cetak
Kamis, 27 Januari 2011 05:20



...Shelter itu cukup besar dan layak dijadikan kantor pusat pengaduan karena selalu digunakan untuk menampung TKI yang mengalami masalah, seperti kemalaman atau kesulitan transportasi ke daerah asal. Menurut Kepala BP3TKI Medan Harris Nainggolan, pihaknya sangat menyadari bahwa pusat pengaduan daring itu sangat bermanfaat, termasuk bagi TKI yang sedang bekerja di luar negeri untuk menyampaikan masalah yang dihadapi.

BP3TKI Medan Tunggu Protap Pengaduan "Online"

Medan, BNP2TKI (26/1) - Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Medan menunggu prosedur tetap pembuatan pusat pengaduan online atau dalam jaringan (daring) untuk mempermudah penyelesaian permasalahan TKI asal Sumatera Utara.

"Tinggal menunggu petunjuk pusat, semacam prosedur tetap (Protap)," kata Kepala BP3TKI Medan Harris Nainggolan di Medan, Rabu (26/1).

Menurut Harris, pihaknya akan menjajaki pembuatan pusat pengaduan itu dengan menyiapkan "contact centre" dan "call centre" yang tersedia 24 jam.

Secara teknis, pihak BP3TKI Medan selalu siap membuat pusat pengaduan itu karena memiliki sejumlah infrastruktur yang dapat dipergunakan.

Haris mencontohkan dengan pemanfaatan "shelter" atau tempat perlindungan TKI yang berada di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumut di Jalan Asrama Medan.

Shelter itu cukup besar dan layak dijadikan kantor pusat pengaduan karena selalu digunakan untuk menampung TKI yang mengalami masalah, seperti kemalaman atau kesulitan transportasi ke daerah asal.

"Tempat sudah ada, petunjuk (tentang pusat pengaduan daring) yang belum," katanya.

Menurut Haris, pihaknya sangat menyadari bahwa pusat pengaduan daring itu sangat bermanfaat, termasuk bagi TKI yang sedang bekerja di luar negeri untuk menyampaikan masalah yang dihadapi.

Jika pembuatan pusat pengaduan daring itu direalisasikan, BP3TKI Medan mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pemprov Sumut.

Dengan dukungan itu, jelas Haris, BP3TKI Medan akan lebih mudah dapat menyiapkan pusat pelayanan dalam menyelesaikan permasalahan TKI asal Sumut tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi membuka layanan "hotline center" untuk menampung pengaduan masyarakat dan penanganan kasus-kasus TKI.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, layanan itu dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat yang ingin mengadukan permasalahan TKI yang menimpanya atau keluarganya.

Dengan layanan itu, pihaknya berharap dapat meminimalisasi permasalahan yang menimpa TKI. (Ant/Toha).

 
Berita Populer

  photography: affandi, herry hidayat, joko purwanto, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com