RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BNP2TKI - Disnakertrans Jateng Kerjasama Sosialisasi dan Pelatihan SISKOTKLN

Cetak
Kamis, 28 Juli 2011 16:28



Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat
"Melalui sistem "online" ini maka tidak ada lagi TKI yang tidak diketahui oleh pemda. Semuanya terdata dan tidak bisa dimanipulasi oleh siapa pun, sekaligus dapat dikontrol secara transparan oleh BNP2TKI dan masing-masing kantor Disnaker," ujar Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat. Pelayanan kerja sama sistem "online" BNP2TKI-Disnaker kabupaten/kota juga dapat memutus mata rantai percaloan yang sering merugikan calon TKI berikut keluarganya.Di samping itu menghindarkan TKI dari risiko perdagangan manusia (human trafficking) akibat data dan dokumennya tidak sesuai prosedur perundang-undangan.

Semarang, BNP2TKI (28/07) -- Untuk menjalin sinergitas informasi dan pelayanan penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Jawa Tengah, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah lakukan kerjasama Sosialisasi dan Pelatihan Sistem Online Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN).

Acara digelar selama dua hari (Kamis - Jumat, 28-29 Juli 2011) di Hotel Pandanaran, Semarang. Diikuti 122 peserta yang berasal dari Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah, Disnakertrans kabupaten/kota se-Jawa Tengah, Polda Jawa Tengah, Imigrasi Jawa Tengah, BNP2TKI, dan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Semarang.

Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat, dalam sambutannya mengatakan, Sosialisasi dan Pelatihan SISKOTKLN di Jawa Tengah ini merupakan kegiatan keempat setelah di Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur yang sekaligus dimulainya penerapan pengoperasian SISKOTKLN di seluruh kabupaten/kota di provinsi-provinsi tersebut.

BNP2TKI hingga akhir tahun ini menargetkan implementasi SISKOTKLN sedikitnya di 400 kabupaten/kota di berbagai provinsi dan pada tahun depan ditargetkan seluruh kabupaten/kota di 33 provinsi sudah mengimplementasikan SISKOTKLN.

Pada acara yang dihadiri Kadisnakertrans Jawa Tengah Siswo Laksono dan para Kadisnakertrans dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah itu, Jumhur mengatakan, SISKOTKLN diselenggarakan dalam rangka peningkatan kualitas serta kinerja layanan penempatan dan perlindungan TKI.

SISKOTKLN, katanya, dirancang di mana entry data secara online diawali dari Disnakertrans kabupaten/kota. Entry data oleh lembaga penempatan lainnya seperti sarana kesehatan (sarkes), balai latihan kerja luar negeri (BLKLN), lembaga uji kompetensi (LUK), asuransi, dan lain-lain.

Sistem ini diharapkan dapat meminimalisasi pemalsuan identitas TKI serta dokumen-dokumen lain yang dipersyaratkan harus dimiliki TKI sebelum ditempatkan di luar negeri serta memudahkan mencari data dan informasi TKI.

Dengan sistem itu, penempatan TKI maupun data-data TKI bisa dimonitor setiap saat oleh pemerintah dan Perwakilan RI di luar negeri, di samping PPTKIS maupun agen TKI di luar negeri.

Sistem dalam jaringan yang dikembangkan BNP2TKI itu, katanya, menghubungkan Disnaker kabupaten/kota, Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS), BP3TKI, BNP2TKI, sarana kesehatan (Sarkes), dan Perwakilan RI di luar negeri.

"Dengan sistem online bisa dihindari pemalsuan identitas TKI atau pengerahan TKI di luar 'job order' yang tidak diketahui oleh Dinas sampai Perwakilan RI di luar negeri," kata Kepala BNP2TKI.

Dapat Dipertanggungjawabkan

Program pelayanan dalam jaringan antara BNP2TKI dan Disnaker kabupaten/kota dilakukan berupa pendataan ataupun pelayanan proses dokumen calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri dari masing-masing daerah asal TKI sehingga membuat data dan keberadaan TKI diketahui oleh setiap kantor disnaker atau pemerintah setempat, karena telah terekam secara valid, sah, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Melalui sistem "online" ini maka tidak ada lagi TKI yang tidak diketahui oleh pemda. Semuanya terdata dan tidak bisa dimanipulasi oleh siapa pun, sekaligus dapat dikontrol secara transparan oleh BNP2TKI dan masing-masing kantor Disnaker," ujar Jumhur.

Pelayanan kerja sama sistem "online" BNP2TKI-Disnaker kabupaten/kota juga dapat memutus mata rantai percaloan yang sering merugikan calon TKI berikut keluarganya.Di samping itu menghindarkan TKI dari risiko perdagangan manusia (human trafficking) akibat data dan dokumennya tidak sesuai prosedur perundang-undangan.

Pada dasarnya program ini memang disiapkan untuk menghilangkan pemalsuan dokumen calon TKI, yang selama ini dilakukan baik oleh calo ataupun pihak tertentu.

Dengan demikian, pelaksanaan sistem online memastikan semua data TKI berada di tangan pemerintah serta diperlukan untuk keperluan perlindungan TKI saat bermasalah di luar negeri.

Pelayanan dalam jaringan juga untuk mengurangi permasalahan TKI di berbagai negara penempatan sebab pelayanan online mudah, cepat, lancar, dan murah dalam langkah pemantauan serta untuk penanganan perlindungan terhadap TKI.

Ia mencontohkan jika satu kantor Disnaker hanya memverifikasi dokumen 100 calon TKI, tentu 100 TKI itu pula yang datanya terekam di pendataan BNP2TKI. Setelah proses dokumennya diselesaikan oleh Disnaker, pelayanan online untuk calon TKI tersebut akan diikuti dengan penerbitan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) oleh BNP2TKI. Selanjutnya, calon TKI dapat langsung diberangkatkan untuk bekerja di luar negeri.

Jumhur menambahkan, dengan sistem itu TKI akan mendapatkan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) yang memudahkan Perwakilan RI, PPTKIS atau TKI itu sendiri jika menghadapi masalah di luar negeri.

Ia menyebutkan, ada 60 hal dalam KTKLN yang memungkinkan Perwakilan RI mengetahui identitas TKI, nama majikan, asuransi, PPTKIS yang memberangkatkan hingga nomor perjanjian kerja antara calon TKI dengan pengguna (user) yang ditandatangani sehingga secara otomatis meningkatkan perlindungan TKI di luar negeri.

Selain itu, dengan KTKLN akan memudahkan pemerintah memonitor kemungkinan munculnya PPTKIS nakal yang cenderung mengeksploitasi TKI atau akibat pekerjaan TKI tidak sesuai perjanjian kerja.

BNP2TKI juga mengoperasikan sistem online lain, seperti, Sistem Informasi Pasar Kerja Luar Negeri. Dalam sistem itu para pencari kerja dapat mengakses informsi peluang kerja ke luar negeri yang ada melalui "www.infokerja-bnp2tki.org". Lalu, Sistem Pendataan dan Pelayanan Kepulangan TKI serta Sistem Pelayanan Pengaduan Permasalahan TKI (Crisis Center).***(Imam Bukhori)

 
Berita Populer

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com