RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

Pelayanan KTKLN di BP3TKI Bandung Meningkat

Cetak
Rabu, 07 September 2011 17:24



Pelayanan KTKLN di BP3TKI Bandung Meningkat
Pelayanan penerbitan KTKLN melalui kantor BP3TKI Bandung meningkat hingga dua kali lipat selama dua hari sejak Senin hingga Selasa (5-6/9). “Jika pada hari-hari biasa pelayanan penerbitan KTKLN sebanyak 40 – 50 orang, pada dua hari setelah libur Lebaran meningkat dua kali lipat menjadi 90 – 100 orang,” kata Kepala BP3TKI Bandung Hasan Abdullah ketika dihubungi per telepon dari Jakarta, Rabu siang (7/9). (foto ilustrasi: affandi)

Bandung, BNP2TKI, Rabu (7/9) – Pelayanan penerbitan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) melalui kantor Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung meningkat hingga dua kali lipat selama dua hari sejak Senin hingga Selasa (5-6/9).

“Jika pada hari-hari biasa pelayanan penerbitan KTKLN sebanyak 40 – 50 orang, pada dua hari setelah libur Lebaran meningkat dua kali lipat menjadi 90 – 100 orang,” kata Kepala BP3TKI Bandung Hasan Abdullah ketika dihubungi per telepon dari Jakarta, Rabu siang (7/9).

Hasan menjelaskan TKI yang mengurus penerbitan KTKLN selama dua hari seusai libur Lebaran itu kebanyakan mereka yang mengambil cuti.

“Kepemilikan KTKLN ini sangat penting bagi TKI yang mau kembali bekerja di luar negeri. Karena tanpa memiliki KTKLN, perlindungan dirinya selama bekerja di luar negeri tidak bisa dijamin,” kata Hasan.

Hasan menegaskan KTKLN merupakan dokumen akhir yang wajib dimiliki setiap calon TKI, TKI maupun WNI yang tinggal dan bekerja di luar negeri.

Kewajiban memiliki KTKLN bagi calon TKI, TKI maupun WNI yang tinggal dan bekerja di luar negeri merupakan amanat Undang Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri, kata Hasan menambahkan.

Ia mengatakan kebanyakan TKI yang mengurus penerbitan KTKLN melalui kantor BP3TKI Bandung selama dua hari seusai libur Lebaran itu adalah mereka yang akan kembali bekerja ke Arab Saudi dan negara-negara di Timur Tengah lainnya.

Pelayanan penerbitan KTKLN melalui BP3TKI Bandung itu, katanya, berjalan lancar meskipun ada kendala soal jaringan yang lemah. Keberadaan satu unit mesin cetak yang ada sekarang, untuk bisa mencetak satu KTKLN memerlukan waktu sampai 10 menit padahal normalnya paling lama dua atau tiga menit per satu KTKLN.

Untuk memperkuat dan mempercepat jaringan dalam pelayanan penerbitan KTKLN ini, Hasan segera mengupayakan pemanfaatan "speedy".***(Imam Bukhori)

 
Berita Populer

  

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com