RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BP3TKI Yogyakarta Sosialisasikan KTKLN

Cetak
Kamis, 08 September 2011 12:58



BP3TKI Yogyakarta dalam sepekan menyosialisasikan manfaat KTKLN sembari melayani pembuatan KTKLN secara gratis kepada calon TKI. "Banyak calon TKI maupun TKI yang mengurus penerbitan KTKLN di Kantor BP3TKI Yogyakarta kurang faham manfaat KTKLN. Mereka tahunya kalau mau ke luar negeri ditanya mengenai KTKLN oleh petugas imigrasi di bandara," kata Umar Subki, Kasi Penyiapan dan Penempatan BP3TKI Yogyakarta, Kamis (8/9) per telepon.

Jakarta, BNP2TKI, Kamis (8/9) - Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Yogyakarta dalam sepekan menyosialisasikan manfaat kartu tenaga kerja luar negeri (KTKLN) sembari melayani pembuatan KTKLN secara gratis kepada calon TKI.

"Banyak calon TKI maupun TKI yang mengurus penerbitan KTKLN di Kantor BP3TKI Yogyakarta kurang faham manfaat KTKLN. Mereka tahunya kalau mau ke luar negeri ditanya mengenai KTKLN oleh petugas imigrasi di bandara," kata Umar Subki, Kasi Penyiapan dan Penempatan BP3TKI Yogyakarta, Kamis (8/9) per telepon.

Umar mengatakan dalam sepekan terakhir banyak calon TKI meminta penjelasan mengenai manfaat KTKLN. Mereka banyak yang menyoal kepemilikan KTKLN karena sudah mengantongi paspor dan visa kerja.

"Karena banyaknya pertanyaan maka seringkali di sela-sela pelayanan penerbitan KTKLN, kami juga melakukan sosialisasi kepada calon TKI maupun TKI yang mengurus penerbitan KTKLN itu," katanya.

KTKLN merupakan dokumen akhir yang wajib dimiliki oleh setiap calon TKI dan pemerintah memberikan KTKLN secara gratis. Di dalam KTKLN terkandung semua data diri, nama PPTKIS, negara tujuan, majikan atau perusahaan tempat kerja di luar negeri, temasuk nomor paspor dan visa, serta data lain yang terkait dengan TKI.

"Yang lebih canggih lagi dari KTKLN ini adalah, selain dilengkapi foto pemilik, sidik jari tangan kanan-kiri, juga ada tanda tangan pemiliknya. Berikut untuk akurasi data dan bisa diketahui masa aktif atau tidaknya KTKLN itu, karena disertai dengan validasi tanggal keberangkatan sehingga tidak bisa ditiru atau dimanipulasi dengan data orang lain," kata Umar.

Ia menyebutkan dalam sepekan terakhir jumlah pemohon KTKLN meningkat dari hari-hari biasanya. "Kalau hari biasa melayani 90 - 100 orang. Pada sepekan terakhir ini melayani sampai 200 orang, bahkan lebih," kata Umar. ***(Imam)

 
Berita Populer

  

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com