RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

Dalang Asep Sunandar Sunarya Sosialisasikan Cegah TKI Ilegal

Cetak
Minggu, 11 September 2011 10:58



tenaga kerja indonesiaSumedang, BNP2TKI, Minggu (11/9) - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat mengatakan sosialisasi untuk mencegah TKI ilegal sangat diperlukan.

Sosialisasi untuk mencegah penempatan TKI ilegal dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui media wayang golek yang ditampilkan oleh dalang kondang Asep Sunandar Sunarya.

Pagelaran wayang golek dalang Putra Giriharja 3 itu berlangsung di Lapangan Tanuwijaya, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu malam hingga Minggu dinihari (10-11/9) yang disaksikan ribuan penonton.

Pertunjukan wayang golek itu diadakan dalam rangkaian bakti sosial khitanan masal 29 anak, pengajian, dan syukuran atas selesainya pembangunan Masjid Besar Situraja, untuk mengenang ayahanda Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat yakni Moh Sobari Sumartadinata yang wafat pada setahun lalu.

Menurut Kepala BNP2TKI, pementasan wayang golek itu merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat berisi ajakan menjadi TKI dengan cara yang legal. Dengan cara seperti ini masyarakat atau calon TKI dapat mengerti sehingga perlindungan TKI di luar negeri akan lebih terjamin.

Selain Jumhur beserta keluarga besar (alm) Moh Sobari Sumartadinata, hadir dalam acara itu Direktur Sosialisasi Kelembagaan dan Penempatan Yunafri, Kepala Biro Perencanaan dan AKLN Agusdin Subiantoro, Kepala Pusat Penelitian dan Informasi Benyamin Suparyogo, Kepala BP3TKI Bandung Hasan Abdullah, Kepala BP3TKI Jakarta Delta, Kepala BP3TKI Serang Sumardik, serta muspida setempat.

Dalam pementasan, dalang Asep Sunandar Sunarya memesan kepada masyarakat Sumedang yang ingin menjadi TKI agar berangkat dengan cara-cara yang resmi.

"Jangan mau jika masyarakat Sumedang menjadi TKI ilegal. Ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan masalah untuk diri sendiri," pesan Asep pada lakon dialog Anoman dan Semar

Menurut Asep, Sumedang adalah daerah agribisni yang luas, dan banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam bidang pertaniannya. Jika berangkat menjadi TKI ilegal, lebih baik memanfaatkan peluang yang ada dan bekerja di dalam negeri sendiri.

"Jika TKI ilegal mengalami masalah di Luar negeri tentu negaralah yang mengurusnya. Karena itu, untuk calon TKI bekerjalan dengan prosedur yang resmi agar aman dan terjamin," katanya***Hapipi

 
Berita Populer

  

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com