RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BP3TKI Semarang Terbitkan 400 KTKLN Per Hari

Cetak
Jumat, 16 September 2011 13:48



Kepala BP3TKI Semarang AB Rachman
Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Semarang dan Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) Cilacap, Jawa Tengah, dalam kurun sebulan terakhir, total menerbitkan 400 kartu tenaga kerja luar negeri (KTKLN) per hari. Kepala BP3TKI Semarang AB Rachman ketika dihubungi per telepon dari Jakarta, Jumat (16/9) , jumlah itu meningkat dari waktu-waktu sebelumnya yang hanya 200 KTKLN per hari.

Jakarta, BNP2TKI, Jumat (16/9) – Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Semarang dan Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) Cilacap, Jawa Tengah, dalam kurun sebulan terakhir, total menerbitkan 400 kartu tenaga kerja luar negeri (KTKLN) per hari.

Kepala BP3TKI Semarang AB Rachman ketika dihubungi per telepon dari Jakarta, Jumat (16/9) , jumlah itu meningkat dari waktu-waktu sebelumnya yang hanya 200 KTKLN per hari.

Rachman menjelaskan pelayanan KTKLN yang dilaporkan ke BP3TKI Semarang, dilakukan di dua tempat yaitu di BP3TKI Semarang di Jalan Kalipepe III/64 Pudak Payung, Semarang, dan di Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) Cilacap di Jalan Brantas 74, Cilacap.

Ada tiga mesin cetak KTKLN yang dioperasikan untuk melayani para calon TKI maupun TKI. Satu mesin cetak KTKLN ditempatkan di P4TKI Cilacap dan dua mesin cetak ditempatkan di BP3TKI Semarang.

Pelayanan penerbitan KTKLN di BP3TKI Semarang untuk melayani para calon TKI maupun TKI dari Jawa Tengah bagian utara. Sedangkan pelayanan penerbitan KTKLN di Kantor P4TKI Cilacap untuk melayani para calon TKI maupun TKI dari Jawa Tengah bagian selatan, sekalipun dalam praktiknya terkadang juga melayani calon TKI maupun TKI dari Jawa Barat bagian selatan.

Rachman mengatakan, pelayanan penerbitan KTKLN di dua tempat (Kantor BP3TKI Semarang dan Kantor P4TKI Cilacap) pada hari-hari biasa perharinya sebanyak 200 KTKLN untuk calon TKI maupun TKI mandiri. Sedangkan pelayanan penerbitan untuk calon TKI melalui PPTKIS sekitar 100 sampai 150 KTKLN.

Ia menambahkan, sudah seminggu terakhir ini pelayanan penerbitan KTKLN di P4TKI Cilacap sementara dialihkan ke BP3TKI Semarang. Soalnya, mesin cetak yang dioperasikan di Kantor P4TKI Cilacap sedang mengalami gangguan. Kendati demikian, kata Rachman, pelayanan penerbitan KTKLN para calon TKI maupun TKI tetap dapat diatasi dengan baik.***(Imam)

 
Berita Populer

  

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com