RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

Pengaduan TKI Bermasalah ke Call Center BNP2TKI Cenderung Menurun

Cetak
Senin, 06 Pebruari 2012 13:46



Pada tahun 2012 ini tenaga kerja Indonesia (TKI) bermasalah yang mengadu ke Call Center BNP2TKI cenderung mengalami penurunan. Menurunnya rata-rata mendekati jumlah 190 orang perbulannya.
Koordinator Call Center BNP2TKI, Kustomo Usman

Jakarta, BNP2TKI, Senin (06/02) – Pada tahun 2012 ini tenaga kerja Indonesia (TKI) bermasalah yang mengadu ke Call Center BNP2TKI cenderung mengalami penurunan. Menurunnya rata-rata mendekati jumlah 190 orang perbulannya.

“Penurunan jumlah pengaduan TKI bermasalah di Call Center BNP2TKI ini salah satu faktornya sejak diberlakukannya moratorium TKI PLRT di Arab Saudi yang berlaku efektif awal Agustus 2011 lalu,” kata Koordinator Call Center BNP2TKI, Kustomo Usman, di Jakarta, Senin (06/01).

Dijelaskan Kustomo, sejak diluncurkannya Call Center BNP2TKI pada 27 Juni 2011 lalu sampai akhir Desember lalu, jumlah total pengaduan sebanyak 4.639 orang atau rata-rata 773 orang perbulannya. “Jumlah ini tidak termasuk masyarakat yang iseng menelepon untuk sekadar ingin tahu,” kata Kustomo.

Jumlah TKI bermasalah yang mengadu ke Call Center BNP2TKI itu terdiri dari pengaduan langsung, telepon, Short Message Service (SMS), email maupun faximail.

Menurut Kustomo, jumlah total TKI bermasalah ini mengalami penurunan selama Januari – Februari 2012. Pada Januari lalu, jumlah total TKI bermasalah yang mengadu ke Call Center BNP2TKI sebanyak 584 orang. Sedangkan pertanggal 6 Februari ini, kata Kustomo, ada 78 TKI bermasalah orang yang mengadu.

Ditambahkan Kustomo, sebagian besar TKI bermasalah yang mengadu ke Call Center BNP2TKI ini adalah, karena putus kominkasi dengan keluarganya dan gaji yang tidak terbayarkan oleh majikannya.***(Imam Bukhori)

 
Berita Populer

  

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com