RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

Kepala BNP2TKI Akan Lepas 1.200 TKI Formal Asal Bali ke 18 Negara

Cetak
Rabu, 04 April 2012 13:09



Kepala BP3TKI Denpasar I Wayan Pageh
Kepala BP3TKI Denpasar I Wayan Pageh

Jakarta, BNP2TKI (4/4) Badan Nasional Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Kamis (5/4) akan melepas sebanyak 1.200 TKI formal berkemampuan semiskil dan skil untuk bekerja di 18 negara penempatan. Pelepasan para TKI itu akan dilakukan Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat serta direncanakan dihadiri Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, pimpinan DPRD Provinsi Bali sekaligus bupati/walikota se Bali.

Menurut Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI—unit kerja BNP2TKI daerah) Denpasar, I Wayan Pageh, jumlah 1.200 TKI itu untuk pekerjaan sektor kepelautan, perhotelan dan spa theraphy, pertanian, pertambangan, serta jasa.

”Namun, yang terbesar adalah jenis pekerjaan kepelautan antara lain di kapal pesiar, kapal kargo, kapal penangkap ikan, dan kapal niaga,” jelas Wayan di Jakarta, Rabu (4/4).

Sementara negara penempatannya terdiri Amerika Serikat, Spanyol, Italia, Kanada, Polandia, Yunani, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Maldives, Kroasia, Portugal, Hongkong, Malta, Siprus, Jepang, Australia, Taiwan, Denmark, Norwegia, Brasil, dan China.

Dikatakan, para TKI tersebut berasal dari sejumlah daerah di Bali seperti Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Buleleng, Tabanan, Gianyar, Bangli, Karangasem, Klungkung, dan Jembrana.

Ia menambahkan, para TKI akan diberangkatkan sekitar April-Mei 2012 ke berbagai negara tujuan. ”Para TKI itu juga dibekali Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) yang dikeluarkan BP3TKI Denpasar,” ujarnya. Pemberian KTKLN kepada masing-masing TKI akan dilakukan secara simbolis saat acara pelepasan.

Menurutnya, penempatan TKI formal ke luar negeri merupakan target utama Provinsi Bali, mengingat wilayah tersebut sejauh ini hanya berorientasi pada pengiriman TKI sektor formal, sehingga tidak mengupayakan penempatan TKI informal Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT).

”Bali selama ini merupakan gerbang utama dalam memberangkatkan TKI formal. Hal itu untuk menghindari risiko perlindungan atau permasalahan pada TKI di luar negeri, di samping Provinsi Bali sendiri sudah dikenal oleh pengguna mancanegara dengan para TKI formalnya,” kata Wayan.

Terkait banyaknya TKI kepelautan yang diberangkatkan dari Bali, Wayan menyebutkan upaya itu untuk mensosialisasikan peraturan Kepala BNP2TKI Nomor PER.13/KA/VIII/2009 tentang Pendataan Pelaksanaan Penempatan Pelaut Indonesia di Luar Negeri.

“Dengan demikian, Provinsi Bali akan terus membenahi dan mengharmonikan pelayanan TKI pelaut, agar terwujud pelayanan dan perlindungan TKI paripurna bagi pelaut Bali saat bekerja di luar negeri,” ungkap Wayan. ***

 
Berita Populer

  

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com