RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

Jumhur: Banyak TKI Mengadu ke Call Center Minta Dipulangkan

Cetak
Senin, 09 April 2012 20:42



Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat
Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat

Jakarta, BNP2TKI (9/4) Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat menyatakan berdasarkan pengaduan dari Call Center BNP2TKI selama Maret 2012 terdapat 102 TKI minta dipulangkan. TKI tersebut minta dipulangkan karena habis masa kontrak kerjanya. “120 TKI tersebut minta dipulangkan karena kontrak kerjanya sudah habis. Mereka umumnya TKI Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) yang bekerja di Timur Tengah,” ujar Jumhur di Jakarta, Senin, (9/4).

Menurut Jumhur, banyaknya TKI yang minta dipulangkan karena masih berlakunya atau dampak dari adanya moratorium (penghentian sementara) TKI ke Saudi Arabia. Selama moratorium TKI, tidak ada penempatan TKI ke negara petro dollar tersebut. “Para majikan melarang TKI untuk pulang meskipun mereka telah selesai kontrak kerjanya. Alasan majikan melarang TKI nya pulang karena sulit mencari pengganti TKI yang baru,” paparnya. Jumhur menambahkan, karena para majikan tidak kunjung mendapat penggantinya, akhirnya mereka menahan TKI nya yang sudah habis masa kontraknya. Sehingga tidak heran banyak TKI yang meminta dipulangkan dan akhiranya mengadau ke call center BNP2TKI.

Selain TKI meminta dipulangkan, lanjut Jumhur, selama Maret 2012 banyak TKI yang mengadukan kasusnya ke call center karena pekerjaan tidak sesuai dengan perjanjian kerja yaitu 96 kasus. Ada pula TKI yang putus komunikasinya sebanyak 75 kasus, dan gaji tidak dibayar sebanyak 58 kasus. “Memang pengaduan TKI dari Timur Tengah yang masuk ke call center BNP2TKI lebih banyak dari TKI yang bekerja di kawasan Asia Pasifik atau kawasan lainnya. Selama Maret 2012, pengaduan TKI dari Timur Tengah yang masuk ke call center sebanyak 308 kasus, sedangkan dari Asia Pasifik ada 60 kasus” jelasnya. Jumhur mengatakan, sejak call center BNP2TKI diluncurkan pada 27 Juni 2012 hingga 8 April 2012 telah menyelesaikan 1090 kasus pengaduan dari TKI.***

 
Berita Populer

  photography: affandi, herry hidayat, joko purwanto, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com