RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BNP2TKI Tambah Dua Direktorat Baru

Cetak
Jumat, 27 April 2012 18:24



Kepala BNP2TKI, Moh Jumhur Hidayat mengatakan guna memperbanyak permintaan pasar tenaga kerja Indonesia sektor formal di manca negara, BNP2TKI menambah 2 (dua) direktorat baru di bawah Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Promosi BNP2TKI.
Kepala BNP2TKI, Moh Jumhur Hidayat mengatakan guna memperbanyak permintaan pasar tenaga kerja Indonesia sektor formal di manca negara, BNP2TKI menambah 2 (dua) direktorat baru di bawah Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Promosi BNP2TKI.

Jakarta, BNP2TKI (27/4): Kepala BNP2TKI, Moh Jumhur Hidayat mengatakan guna memperbanyak permintaan pasar tenaga kerja Indonesia sektor formal di manca negara, BNP2TKI menambah 2 (dua) direktorat baru di bawah Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Promosi BNP2TKI.

Direktorat baru tersebut antara lain Direktorat Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri I, yang dijabat oleh Naekma, SH, MM dan Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri II yang dijabat oleh Drg Elia Rosalina Sunityo, MARS, MS.

Penambahan Direktorat Baru ini dibentuk setelah Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyetujui usulan BNP2TKI tentang perlunya penambahan direktorat baru guna memperkuat penyediaan sumber daya manusia/ calon TKI yang akan bekerja di luar negeri.

“Ada ribuan bahkan jutaan permintaan TKI formal dari mancanegara. BNP2TKI menyikapi dengan menambah 2 (dua) Direktorat baru,” ujar Kepala BNP2TKI, Moh Jumhur Hidayat pada saat Pelantikan 160 orang Pejabat baru di lingkungan BNP2TKI, Jumat (27/4).

Turut hadir pada acara pelantikan ini, Sekretaris Utama BNP2TKI, Edy Sudibyo, Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri (KLN) dan Promosi, Dr.Endang Sulistyaningsih, Deputi Bidang Penempatan, Ade Adam Noch serta sejumlah pejabat eselon 2 dan 3 serta undangan lainnya.

Menurut Jumhur, selama ini diakuinya banyak permintaan TKI formal dari mancanegara. Namun, seringkali permintaan itu tidak dapat semuanya terpenuhi karena belum adanya lembaga yang menanganinya. Karena itu, dengan adanya dua Direktorat baru diharapkan permintaan itu bisa di link, trained and matched. “Ke depan Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi merupakan andalan kita untuk mendorong penempatan TKI Formal,” kata Jumhur.

Jumhur meminta agar kepada para pejabat baru segera melakukan upaya link dengan center of exellence seperti Sekolah Menengah Kejuruan, Akademi, Politeknik hingga univeritas. Termasuk melakukan hubungan dengan Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Lembaga Keuangan, dan Training Center. “Saya akan couch (pimpin) langsung 2 direktorat baru itu,” ujar Kepala BNP2TKI.

BNP2TKI, kata Jumhur, bekerja dengan Misi pengabdian kepada TKI. Saatnya pejabat mengubah mindset dari melayani atasan kepada melayani bawahan yaitu TKI. “Kita jadikan people (TKI) sebagai customer dan bukan sebaliknya melayani atasan.

Untuk jabatan Direktur Promosi, lanjut Jumhur kini dipegang oleh Drs Anjar Prihantoro, BW yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Kerjasama Luar Negeri Kawasan Asia Pasifik dan Amerika.

Terkait upaya kerjasama luar negeri, Kepala BNP2TKI juga melantik mantan Kepala Subdirektorat Pembangunan Sosial, Badan Khusus Bangsa-Bangsa dan Isu-Isu Terkini dari Direktorat Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang, Kementrian Luar Negeri kini menjadi Direktur Kerjasama Luar Negeri. Jabatan itu dipercayakan kepada Drs Hermono, MA.

Pada jabatan Direktur Kerjasama Luar Negeri yang dipimpin Hermono ini sebelumnya dipisah untuk kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah namun kini jabatan itu dilebur menjadi satu yaitu Direktorat Kerjasama Luar Negeri.

Ia menambahkan, perubahan yang sama juga terjadi pada Direktorat Perlindungan yang sebelumnya dibedakan untuk kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah kini dirubah menjadi Direktur Pelayanan Pengaduan Bidang Perlindungan BNP2TKI. Jabatan itu dipercayakan kepada Christofel De Haan yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Perlindungan dan Advokasi Kawasan Asia Pasifik dan Amerika Serikat. Selain itu juga ada Direktur Mediasi Bidang Perlindungan BNP2TKI yang kini dijabat oleh Drs Teguh Hendro Cahyono yang sebelumnya pejabat dari Ditjen Binapenta, Kemenakertrans.

Selanjutnya, Kepala Balai Pelayanan Kepulangan TKI (BPKTKI) Selapajang, Tangerang, Banten yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Rolly Laheba, SH, MH kini digantikan oleh AKBP Aminudin dari staf Direktur Pengamanan BNP2TKI. Rolly kini menjabat sebagai Kasubdit Pengawasan Pada Direktur Pengamanan BNP2TKI.

Jumhur menambahkan, pada Direktur Pemberdayaan terjadi pergantian yang sebelumnya dijabat oleh Krisma Yoza sudah memasuki masa pensiun kini digantikan oleh Ir Arini Rahyuwati, MM yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Perlindungan dan Advokasi Kawasan Timur Tengah, Afrika dan Eropa. Sementara jabatan Direktur Pengamanan BNP2TKI yang dijabat oleh Brigjen Bambang Puwanto, SH namanya kini berubah menjadi Direktur Pengamanan dan Pengawasan. (zul/ toha)

 
Berita Populer

  photography: affandi, herry hidayat, joko purwanto, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com