RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

Keluarga Tuntut PJTKI Biayai Pemulangan Jenazah Luh Endang Susiani

Cetak
Senin, 30 April 2012 17:53



Kepala BP3TKI Denpasar I Wayah Pageuh
Kepala BP3TKI Denpasar I Wayah Pageuh

BNP2TKI, Jakarta (30/4): Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali, I Ketut Kariyase dan Kepala Disnakertrans Provinsi, Wayan Wirata mendukung upaya keluarga TKI Luh endang Susiani yang tewas tertembak di North Carleston, South Carolina, Amerika Serikat pada Jumat (28/4) lalu menuntut agar PT Qi Kai Internasional, ikut bertanggungjawab atas meninggalnya Luh Endang Susyani (31).

Tuntutan pihak keluarga yang diwakili oleh kakak kandung korban, Eka Swaseni itu dinyatakan pada saat mendatangi ke DPRD Provinsi Bali, Senin (30/4).

Demikian disampaikan Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Denpasar, I Wayan Pageuh yang turut serta hadir pada saat kunjungan keluarga korban ke kantor DPRD Provinsi Bali.

Wayan mengatakan bahwa informasi Luh Endang Susiani diberangkatkan melalui PT Qi Kai, terlihat dari dokumen dokumen berupa Rekomendasi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) bernomor 383/ops-Qi Kai/I/09 tertanggal 14 September 2009 dan ditandatangani oleh Operational Manager, Hartono di Yogyakarta.

Dalam dokumen itu, Hartono meminta agar supaya yang tersebut di atas (maksudnya Luh Endang Susyani) dapat melakukan pembuatan SKCK di wilayah Kepolisian setempat untuk melengkapi persyaratan pengajuan Visa di Kedutaan Amerika.

Wayan mengungkapkan, bahwa DPRD, Kepala Disnakertrans mendukung upaya keluarga untuk menuntut PT Qi Kai International membiayai biaya pemulangan hingga biaya ngaben yang tidak kecil jumlahnya.

Ia menambahkan, meski sudah ganti nama dari PT Qi Kai International menjadi PT Quantum Job namun pemiliknya masih orang yang sama yaitu Pak Andre Hermawan. PT Qi Kai International adalah betul PJTKI dengan nomor SK Menakertrans No: Kep. 177/MEN/VIII/2008. Namun pada buku Direktori Lembaga Penempatan PPTKIS Kantor Pusat dan Cabang di Seluruh Indonesia terbitan BNP2TKI Tahun 2011, PT Qi Kai International sudah tidak ditemukan lagi keberadaannya.

Ketika ditelusuri di kantor BP3TKI Yogyakarta tentang keberadaan PT Qi Kai International sudah berganti nama menjadi PT Quantum Job.

''Meski pun kini PT-nya berubah menjadi PT Quantum Job tetap keluarga menuntut Pak Andre Hermawan,'' ungkap Wayan Pageuh.

Luh Endang Susiani yang bekerja di sebuah restoran Cina di North Carleston, South Carolina tewas tertembak ketika akan pergi ke tempat laundry.

Ia ditembak setelah pacarnya Nyoman Arum dipaksa keluar dari mobil yang ditumpanginya bersama Endang. Tak lama kemudian, pria berkulit hitam yang menembak putri Putu Artana ini kemudian ditangkap polisi setelah sebelumnya dilaporkan oleh Nyoman Arum. (zul).

 
Berita Populer

  

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com