RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BP3TKI Bandung Ingatkan TKI Cuti untuk Urus KTKLN

Cetak
Jumat, 07 September 2012 10:16



Kepala BP3TKI Bandung Hasan Abdullah menyayangkan pihak-pihak tertentu luar negeri menginformasikan TKI hendak cuti ke tanah air tidak perlu KTKLN
foto ilustrsi: joko purwanto

Jakarta, BNP2TKI, Jumat (7/9) - Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung Hasan Abdullah menyayangkan masih adanya pihak-pihak tertentu di luar negeri yang menginformasikan kepada TKI yang hendak mengambil cuti ke tanah air agar tidak perlu mengurus Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) setibanya di debarkasi di daerahnya masing-masing.

Akibatnya, tidak sedikit ketika para TKI ini sudah habis kontraknya dan hendak kembali ke negara di mana mereka bekerja mengalami kesulitan di bandara. Hal ini terjadi pada sejumlah TKI di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Tidak sedikit dari para TKI yang tidak memiliki KTKLN ini kemudian ditolak oleh para imigrasi dan akibatnya tiket yang mereka miliki pun hangus alias tidak bisa dipakai kembali.

Saat dihubungi per telepon dari Jakarta, Jumat (7/9), Hasan mengatakan bahwa di Bandara Husein Sastranegara, setiap TKI yang baru tiba diingatkan oleh petugas BP3TKI Bandung bahwa jika mereka hendak kembali lagi ke negara di mana mereka bekerja agar mengurus terlebih dahulu KTKLN di kantor BP3TKI Bandung. Akibat banyak yang menghindari petugas BP3TKI di bandara itu maka tidak sedikit TKI yang kemudian menemui masalah terkait lantaran tidak memiliki KTKLN.

Hasan menjelaskan, meskipun ada TKI yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengurus KTKLN di bandara pihaknya memberi kelonggaran dengan memberikan Surat Keterangan pengganti KTKLN asalkan TKI bisa membuktikan dokumen seperti kontrak kerja atau bukti keterangan cuti dari majikan.

TKI yang mengalami masalah dengan tiketnya hangus itu bukan TKI dari Jawa Barat. Hasan mengatakan para TKI itu umumnya berasal dari Medan atau daerah lain tetapi memilih berangkat melalui embarkasi Bandung. Biasanya mereka memilih jalur penerbangan Bandung karena alasan masih adanya seat atau kursi di maskapai Air Asia.

Dengan maskapai Air Asia, kata Hasan, pihaknya sudah melakukan koordinasi terkait KTKLN. Bagi TKI yang belum memiliki KTKLN dan masih bisa dipindahkan jadwal penerbangan pada pesawat berikutnya maka TKI bersangkutan masih punya waktu untuk mengurus KTKLN di kantor BP3TKI Bandung atau jika waktunya sedikit bisa meminta surat keterangan pada petugas kami di bandara Husein. Yang penting jangan ada lagi TKI yang gagal berangkat karena tiketnya sudah hangus.

Pascalebaran banyak TKI cuti yang kembali berangkat ke luar negeri. Dari catatan BP3TKI Badung ada 26 orang TKI bermasalah dengan KTKLN. Sebagian besar dari mereka banyak yang sudah mendapatkan KTKLN, Surat Keterangan pengganti KTKLN dan jadwal penerbangannya digeser ke jadwal berikutnya.

Ia menambahkan, solusi ke depan terkait pelayanan KTKLN di embarkasi, pihaknya akan semakin meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait. Dengan imigrasi, BP3TKI Bandung kini sudah mencetak banyak leaflet/brosur terkait prosedur pelayanan KTKLN. Dan dalam waktu dekat ini, BP3TKI Bandung juga akan memasang mesin pencetak KTKLN.

KTKLN adalah kartu identitas bagi Tenaga Kerja Indonesia ( TKI) sebagai dokumen pemberangkatan TKI yang telah memenuhi persyaratan dan prosedur untuk bekerja ke luar negeri berbentuk smartcard berbasis chip microprocessor contactiess dan dapat dikembangkan sebagai kartu multifungsi. (zul/toh/b)

 
Berita Populer

  photography: affandi, herry hidayat, joko purwanto, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com