RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BNP2TKI Tidak Tempatkan TKI ke Kanada

Cetak
Selasa, 12 Pebruari 2013 20:33



Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri (PHK TKLN 1) BNP2TKI Naekma
Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri (PHK TKLN 1) BNP2TKI Naekma

Jakarta, BNP2TKI, Selasa (12/2) - BNP2TKI tidak pernah menempatkan TKI sektor kapal pesiar ''Holland American Line'' dan sektor pemetik anggur melalui skema penempatan government to private (G to P) ke Kanada. Kalaupun ada penempatan ke Kanada, hal itu dilakukan oleh Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) dan bukannya oleh BNP2TKI.

Demikian disampaikan Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri (PHK TKLN 1) BNP2TKI Naekma di ruang kerjanya di Jakarta, Selasa (12/2).

Ia membenarkan BNP2TKI mendapatkan informasi tentang banyaknya permintaan dari Kanada melalui asosiasi penyalur tenaga kerja asing untuk tenaga kerja asal Indonesia guna dipekerjakan di kapal pesiar ''Holland American Line.'' Ribuan TKI yang dibutuhkan itu akan melakukan pekerjaan jasa pelayanan tamu (hospitality) seperti pelayan restoran, bar, dan kamar tamu pada kapal pesiar, dan pertanian.

Akibat pemberitaan informasi peluang kerja ke Kanada itu banyak disalahgunakan oleh para calo atau sponsor di daerah. Para calo ini mengatakan bahwa BNP2TKI mengirim TKI ke Kanada untuk sektor kapal pesiar dan pertanian dan jika para calon TKI ini mau dibantu mereka diminta sejumlah uang hingga Rp100 juta.

Akibatnya, lanjut Naekma, tidak sedikit calon TKI yang tertipu oleh ulah para calo ini. Kepada calon TKI diminta untuk hati-hati dan jangan mudah terbujuk rayuan informasi para calo. Kalaupun ada yang sudah tertipu diminta untuk segera melaporkannya kepada kepolisian terdekat atau menghubungi layanan bebas pulsa pengaduan di Crisis Center BNP2TKI di nomor 0800-1000.

BNP2TKI menempatkan TKI melalui kerjasama antarpemerintah atau G to G (Government to Government) ke Korea di sektor manufaktur, perikanan, konstruksi, pertanian, dan jasa. Selain itu juga dengan pemerintah Jepang, untuk sektor perawat rumah sakit (nurse) serta perawat lanjut usia (careworker) dan dengan pemerintah Republik Demokratik Timur Leste untuk penempatan tenaga kerja bidan.

Untuk penempatan TKI G to P, BNP2TKI telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan IRC Global Search (M) Sdn Bhd Malaysia beberapa waktu lalu khusunya penempatan TKI Perempuan di sektor formal ke Penang, Malaysia.

''BNP2TKI memprioritaskan program G to P ini guna meningkatkan jumlah penempatan TKI semi skil skil dan profesional guna bekerja di berbagai perusahaan asing di luar negeri,” kata Naekma.(zul/toh/b)

 
Berita Populer

  

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com