RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BP3TKI Jakarta Paparkan KTKLN pada Agensi

Cetak
Selasa, 26 Maret 2013 18:46



Kepala BP3TKI Jakarta Delta
Kepala BP3TKI Jakarta Delta

Jakarta, BNP2TKI. Selasa (26/3) - Guna memberikan layanan prima kepada agensi TKI pelaut, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Jakarta memberikan pemaparan komprehensiftentang layanan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) berbasis online dan peranan petugas imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta.

Pemaparan kepada para pimpinan ratusan perusahaan kapal perikanan, kapal niaga dan kapal kargo itu diberikan melalui Rapat Koordinasi dan Verifikasi Penempatan dan Perlindungan TKI Pelaut ke Luar Negeri Tahun 2013 di Jakarta, Senin (25/3).

"Kami menyadari banyak keluhan dan pertanyaan pelayanan pemerintah kepada TKI pelaut di Bandara Soetta," ujar Kepala BP3TKI Jakarta Delta.

Menurut dia, ada dua simpul pelayanan TKI di bandara yang sering menimbulkan masalah yakni pengurusan KTKLN khususnya bagi pelaut dan layanan petugas imigrasi saat kebarangkatan di bandara.

Rapat itu juga menghadirkan Kabid Pendaratan dan Izin Masuk Kanim Kelas I Khusus Soetta Didik Heru Praseno Adi dan Kasubdit Pengawakan dan Ketenagakerjaan Siti Kamarijah terkait peranan Kementerian Kelautan terhadap agensi penempatan TKI Pelaut.

Untuk soal layanan KTKLN bagi pelaut, Delta menegaskan pihaknya per Januari 2013 sudah menutup layanan KTKLN bagi TKI Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT), TKI pelaut untuk kepentingan PPTKIS. Sebaliknya, KTKLN masih diterbitkan di bandara untuk layanan yang diurus oleh user untuk kepentingan selain kapal penangkap ikan.

Layanan KTKLN dipindahkan ke kantor BP3TKI di Jalan Penganten Ali No.71 Ciracas, Jakarta Timur.

Kepala BP3TKI Jakarta juga memberikan kesempatan kepada para agensi TKI pelaut membentuk forum pertemuan rutin guna membahas permasalahan yang mereka hadapi terkait upaya peningkatan martabat dan kualitas penempatan dan perlindungan TKI pelaut.

Soal pelayanan prima imigrasi, Didik Heru Praserno Adi menjamin transparansi. Ia meminta agensi penempatan TKI melaporkan bila ada petugas imigrasi di Bandara yang terbukti meminta uang.

"Kami akan tindak tegas petugas yang nakal," katanya.

Petugas imigrasi memang menanyakan setiap TKI yang akan melewati konter imigrasi tentang KTKLN. Bila tidak ada KTKLN, TKI diminta untuk segera mengurusnya baik di konter yang ada di Bandara maupun di kantor-kantor BP3TKI di daerah masing-masing.

Terkait layanan KTKLN secara online, Kasubdit Verifikasi (KTKLN M. Hidayat menjelaskan pelayanan berbasis online yang ada di web bnp2tki.go.id. Aplikasi KTKLN secara online sangat mudah untuk dipelajari bagi petugas operator perusahaan.

Sementara itu, Kasubdit Pengawakan dan Ketenagakerjaan Siti Kamarijah menegaskan komitmennya untuk terus melakukan sinergi antarinstansi pemerintah dan pelaku penempatan TKI pelaut guna meningkatkan kualitas penempatan dan perlindungan TKI pelaut.

Siti mengapresiasi kepedulian BNP2TKI mengeluarkan Peraturan Kepala BNP2TKI Nomor 03 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Pelaut Perikanan di Kapal Berbendera Asing.

"Saatnya saling bersinergi meningkatkan kualitas penempatan dan perlindungan TKI pelaut," katanya. (zul/toh/b).

 
Berita Populer

  photography: affandi, herry hidayat, joko purwanto, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com