RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

BNP2TKI Dorong Percepatan Penempatan TKI Jasa

Cetak
Kamis, 18 April 2013 10:24



Bimtek yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemetaan dan Harmonisasi Tenaga Kerja Luar Negeri II
Bimtek yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemetaan dan Harmonisasi Tenaga Kerja Luar Negeri II

Bogor, BNP2TKI, Kamis (18/4) -Guna memenuhi adanya permintaan penempatan TKI sektor jasa yang mendesak, Direktorat Pemetaan dan Harmonisasi Tenaga Kerja Luar Negeri II BNP2TKI menggelar Bimtek Pengembangan Jejaring dengan Lembaga Pelatihan dan Lembaga Uji Kompetensi yang memiliki Kompetensi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri sektor jasa, di Bogor 17-18 April 2013.

Menurut Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Tenaga Kerja Luar Negeri II BNP2TKI Elia Rosalina, bimtek mempertemukan 2 lembaga Stikes, perawat dan hospitality dan lembaga harmonisasi pendidikan seperti LP31 College, Lima Widya, Puspita Martha International School, Essentia SPA Academi, LPK Nuri, LPK Ariyanti dan Asep de Bali.

"Mereka diharapkan membuat Komitmen Bersama membentuk Forum Jejaring," ujarnya.

Segala hal terkait permintaan penempatan TKI formalitas seperti standarisasi, kualitas, dan lainnya bisa dicarikan solusi di antara mereka, seperti masalah kemampuan berbahasa asing dan kompetensi. Para peserta lembaga penyedia pendidikan bisa dilatih di LP3I (Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia).

Permintaan TKI sektor jasa seperti bidang perawat, hospitality dan spa seringkali tidak bisa terpenuhi karena terkendala waktu. Biasanya, para users di luar negeri meminta waktu 3-4 bulan untuk penempatan calon TKI yang mereka minta.

"Nah, jika Indonesia tidak bisa memenuhi deadline waktu yang diberikan maka dikhawatirkan para users itu akan mencari dari negara lain," katanya.

Kendala batasan waktu diharapkan bisa teratasi melalui kerjasama dari kedua lembaga yang bergerak di sektor jasa ini.

Materi bimtek meliputi membangun jejaring lembaga pelatihan dan uji kompetensi by online, kompetensi calon TKI sesuai kebutuhan negara penempatan, jejaring sektor jasa, peluang kerja di luar negeri sektor jasa.

Lalu kompetensi calon TKI dalam membangun jejaring dengan lembaga pelatihan/uji kompetensi berstandar internasional, sertifikasi dalam membangun jejaring dengan lembaga pelatihan/uji kompetensi bertaraf internasional, akreditasi lembaga pendidikan tinggi sektor jasa, kerjasama lembaga pendidikan sektor jasa, dan sebagainya.

Pada sesi pertama, paparan dibuka oleh Direktur Kerjasama Luar Negeri Hermono yang mengulas soal kompetensi calon TKI sesuai kebutuhan negara penempatan. Setelah itu, paparan Direktur Promosi Anjar Prihantoro yang mengulas soal Informasi Peluang Kerja dan paparan dari Kepala Bidang Sistem Informasi, Puslitfo BNP2TKI Ade Ester Panjaitan tentang layanan online Jobs Info BNP2TKI.

Di sesi II, pembicara dari Direktorat Bina Lembaga dan Sarana (E-LEMSAR) Kemenakertrans AY Retni Dwidarsih mengulas kompetensi calon TKI dalam membangun jejaring.

Dan pada Sesi III, pembicara Eka Singkang, Kabid Pusrengrun PPSDM Kemenkes yang mengulas peran Pusrengrun PPSDM Kemenkes dalam membangun jejaring.

Ketua Badan Akreditasi Nasional Boedi Dharma Sidi mengulas akreditasi program lembaga pendidikan nonformal sektor jasa.(zul/toh/b)

 
Berita Populer

  

  photography: affandi, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com