RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

Jumhur Lantik DPW PPM dan APKLI Yogyakarta

Cetak
Senin, 20 Mei 2013 16:36



Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat dalam acara Pelantikan Pengurus PPM DIY dan Pengkuhan pengurus APKLI

Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat dalam acara Pelantikan Pengurus PPM DIY dan Pengkuhan pengurus APKLI
Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat dalam acara Pelantikan Pengurus PPM DIY dan Pengkuhan pengurus APKLI

Yogyakarta, BNP2TKI, Senin (20/5) - Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Pusat Peranserta Masyarakat (PPM) dan Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) melantik pengurus Dewan Pimpinan Wilayah PPM dan APKLI Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (19/5).

Jumhur mengatakan sudah 25 tahun lebih pergerakan PPM bersama rakyat kecil memperjuangkan hak-hak dan kedaulatan rakyat, khususnya kelompok pengusaha kecil dan menengah agar dapat hidup disejajarkan hak-haknya dalam mengelola usaha dengan kelompok pengusaha besar.

Namun upaya ini belum berhasil secara signifikan.

"Kehidupan kelompok pengusaha kecil tetap kecil sedangkan kehidupan pengusaha kelompok besar semakin membesar. Kondisi demikian tidaklah sehat dan tidak bisa dibiarkan secara terus menerus. Harus ada perubahan. Kelompok pengusaha besar hendaknya dapat memberi peluang berikut merangkul kalangan pengusaha kecil menengah," kata Jumhur.

Diakui atau tidak, kelompok pengusaha kecil ini merupakan ekonom sejati, yang menjadi penopang perekonomian rakyat banyak. Mereka tetap eksis meski kurang mendapatkan sentuhan bantuan dari kalangan perbankan. Bahkan dari usaha yang mereka lakoni dapat memperkecil angka kemiskinan dan pengangguran di tanah air.

Kelompok pengusaha kecil juga tetap eksis dan terus hadir melayani rakyat, pada saat Indonesia dilanda krisis ekonomi global di tahun 1998. Padahal ketika itu banyak pengusaha besar - yang hidupnya hanya menggantungkan dana pinjaman perbankan - yang kolap dan ngeplang kredit perbankan serta kabur ke luar negeri.

Jumhur mengingatkan kepada kalangan aktivis dan fungsionaris PPM dan APKLI di pusat dan daerah hendaknya tetap konsistens bersama perjuangan rakyat. Bentuklah mereka dalam satu barisan yang rapi, rapat dan utuh.

Menurut Jumhur, guna menggapai keberhasilan perjuangan cita-cita rakyat yang luhur itu perlu adanya sinergitas antara perjuangan rakyat kecil dan ditopang dari atas berupa kebijkan yang berpihak rakyat. Contohnya, kelompok pengusaha kecil yang menghidupi rakyat banyak didalam melakoni usahanya perlu ditopang kebijakan yang berpihak.

Jumhur juga mengingatkan kalangan aktivis PPM dan APKLI hendaknya membuat gerakan kesadaran masyarakat, agar jangan sampai salah pilih dalam menentukan kepemimpinan di daerah hingga pusat, baik pilihan legislatif maupun bupati/walikota hingga pimpinan nasional.

"Sadarkan masyarakat untuk memilih pimpinannya - siapa pun yang menjadi pilihannya - karena faktor keteladanannya dan ketokohannya. Sadarkan pula masyarakat agar jangan mudah tergiur iming-iming duit dan iklan di media dalam memilih pemimpinnya," kata Jumhur.

Menurut dia, sadarkan masyarakat untuk mengetahui secara transparan terhadap rekam jejak calon pemimpinnya sehingga tidak sampai salah pilih pimpinan. (mam/b)

 
Berita Populer

  photography: affandi, herry hidayat, joko purwanto, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com