RSS Berita BNP2TKI
Berlangganan berita BNP2TKI via FeedBurner...

Kepala BNP2TKI Kunjungi TKI Purna Korea

Cetak
Minggu, 21 Juli 2013 11:16



datang ke Grobogan dalam rangka Safari Ramadhan VI BNP2TKI di Pulau Jawa 13-25 Juli 2013
Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat

Safari Ramadhan VI BNP2TKI Hari ke-9
Kepala BNP2TKI Kunjungi TKI Purna Korea

Grobogan, BNP2TKI, Minggu (21/7) Semangat bangsa Korea berupa kerja keras, disiplin dan tidak pernah putus asa telah menjadi semangat para TKI purna yang pernah bekerja di Negeri Ginseng. Paling tidak tercermin pada pertemuan Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat dengan TKI purna Korea yang tinggal di Desa Winong Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jateng, Minggu (21/7).

Para TKI purna Korea ini tidak menyia-nyiakan ilmu yang didapat dari BP3TKI Semarang berupa Edukasi Kewirausahaan Ternak Bebek pada 22-23 Mei lalu di LPK Bina Muda, Grobogan.

Usai pelatihan, mereka pun membentuk Kelompok Wirausaha TKI Purna Korea "ORI Sejahtera" beranggota 11 orang yaitu Budi Santoso, Sumarti, Siti Mufidah, Edy Wibowo, Nur Rodli, Eko Subeno, Slamet Riyadi, Slamet Riyanto, Nanik Sri Rahayu, Joko Darnanto, dan Sobirin.

Ketua Kelompok Budi Santoso kepada Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat mengatakan rata-rata TKI purna yang ikut bergabung adalah mantan TKI yang sudah 5 tahun pulang, "Jadi modal untuk berusaha sudah tidak banyak lagi," katanya.

Jumhur datang ke Grobogan dalam rangka Safari Ramadhan VI BNP2TKI di Pulau Jawa 13-25 Juli 2013.

Dengan membentuk Kelompok Wirausaha mereka bergotong royong mengumpulkan modal membuat kandang masing-masing sebesar Rp50.000. Bibit anak bebek dan obat-obatan didapat dari BP3TKI Semarang di mana tiap orang mendapatkan 36 bibit sehingga totalnya berjumlah 396 ekor.

Bebek ini baru bisa dijual setelah digemukkan selama 2 bulan. "Hitungan kami per anggota nantinya bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 500.000.

Bisnis penggemukan bebek, kata Budi memang merupakan proyek percontohan bagi anggota. Setelah anggota paham bisnis ini mereka bisa mengembangkannya secara perorangan maupun kelompok.

"Prospek bisnis ini cukup bagus di mana tingkat kematian bebek hanya 10 persen," katanya.

Kepala BNP2TKI memberi appresiasi atas usaha yang dikembangkan TKI purna Korea. Jumhur bahkan menantang mereka untuk membuat proposal penambahan dana pinjaman perbankan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR),

"Saya minta anda buat proposal yang bagus dan kemudian kirim ke Kepala BP3TKI Semarang untuk difasilitasi pendanaannya," gugah Jumhur.

Jumhur optiimis melalui uisaha penggemukan bebek ini nantinya akan tercipta swasembada daging khususnya di Kabupaten Grobogan.(zul/fan/b)

 
Berita Populer

  photography: affandi, herry hidayat, joko purwanto, dwi hartanto - webdesign: ayahyaweb.com