Diberitahukan bahwa Program G to G Korea hanya dilakukan oleh BNP2TKI, kepada seluruh calon/TKI Program G to G Korea untuk tidak menanggapi ataupun merespon dalam bentuk apapun tindakan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) / Kepala BNP2TKI / Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah untuk menarik biaya baik langsung maupun tidak langsung kepada peserta (Direktur Pelayanan Penempatn Pemerintah, Dr Haposan Saragih M Agr).
Berlangganan Program G to G Korea via FeedBurner...
Pengumuman Perekrutan Peserta Pelatihan Pendidikan Gratis untuk Diperkerjakan di Perusahaan Korea yang Ada di Indonesia...
Prosedur dan Persyaratan | Sending | SLC (Standard Labour Contact) | Preliminary Training dan Info

Revisi 2: Pengumuman Ujian Khusus EPS-TOPIK 2012

Cetak
Sabtu, 03 Maret 2012 23:33



REVISI PENGUMUMAN UJIAN KHUSUS EPS-TOPIK 2012
Nomor : Peng. 107 /PEN- PPP/III/2012

Sesuai dengan surat Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) Nomor: EPST - Tanggal 22 Febuari 2012 dan sesuai dengan MOU antara Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia dan Kementerian Tenaga Kerja Republik Korea tentang pelaksanaan Ujian Khusus EPS-TOPIK bagi Tenaga Kerja Indonesia yang pernah bekerja di Korea yang secara sukarela kembali ke Indonesia sebelum masa kontrak kerja selesai dan ingin kembali bekerja di Korea, bersama ini diberitahukan bahwa HRD Korea akan mengadakan Ujian Khusus EPS-TOPIK 2012 bagi mereka yang ingin kembali bekerja di Korea sebagai berikut :

Semua pencari kerja yang mau bekerja di Korea di bawah Employment Permit System harus lulus EPS-TOPIK, dilaksanakan oleh Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) yang diautorisasi oleh MOEL dan hanya mereka yang lulus yang diberi ijin untuk menyerahkan lembar lamaran kerja untuk EPS.

1. Jadwal Tes

Periode RegistrasiTanggal Pengumuman TestPeriode testPengumuman hasil testPersyaratan Usia
6 - 9 Maret21 Maret26-30 Maret10 April7 Maret 1972 ~  6 Maret 1994

* Jadwal dapat berubah sesuai kondisi EPS

- Sesi pagi (30 orang)

-- Orientasi : 09:00~10.00 – waktu tes: 10:00 ~11.10

- Sesi siang (30 orang)

-- Orientasi : 12:30~13.30 – waktu tes: 13:30 ~14.40

* Semua peserta tes harus hadir di dalam kelas sebelum waktu orientasi

2. Tipe industry (diijinkan): Manufacturing, Agriculture/ Livestock, Construction, Fishing

* Jika peserta ujian ingin dipilih untuk rekomendasi yang ditunjuk ke tempat kerjanya sebelumnya (majikan) dimana dia telah bekerja lebih dari satu tahun harus memilih industri yang sama di tempat bekerja terakhir. Untuk alasan ini pelamar harus berhati-hati memilih industri dengan mempertimbangkan persyaratan yang dimaksud.

3. Jumlah yang lulus (diharapkan): akan diumumkan+ Jumlah yang lulus akan diumumkan kemudian secara terpisah dalam urutan nilai tertinggi diantara peserta yang mendapat nilai 80 poin dari 200 poin untuk setiap industry.

4. Tempat tes dan tanggal pengumuman

- Tempat tes: Ruang Ujian CBT (Computer Based Test)
- Metode pengumuman

-- Website EPS-TOPIK (http://www.epstopik.hrdkorea.or.kr)
-- Papan pengumuman BNP2TKI

5. Kualifikasi

- Diperkerjakan kembali tenaga kerja yang pulang kembali secara sukarela sebelum kontraknya berakhir di Korea (waktu kembali: tidak diperbolehkan sebelum 1 Januari 2010/not before January 1st, 2010).
- Berusia antara 18 dan 39 tahun.

* Lahir antara 7 Maret 1972 dan 6 Maret 1994.

- Tidak pernah dipenjara karena masalah hukum.
- Tidak punya catatan deportasi atau perintah deportasi dari Korea.
- Tidak dilarang bepergian dari dalam negeri.

6. Prosedur Registrasi

- Periode: 6~9 Maret 2012 (selama 4 hari)
- Tempat: Gedung Korea-Indonesia Technical and Cultural Cooperation Center (KITCC)-Jl. Pengantin Ali No. 71 Ciracas Jakarta Timur.
- Metode: Registrasi datang langsung.
- Dokumen yang diperlukan

-- Foto copy paspor ketika mereka kembali ke Indonesia(untuk membuktikan orang tersebut kembali secara sukarela).
-- Lembar pendaftaran (dibagikan gratis pada tempat pendaftaran, hanya peserta yang telah membayar uang ujian).

* Nomor registrasi ditulis di setiap lembar pendaftaran dan satu peserta dapat menerima satu lembar dan menyerahkan satu lembar formulir pendaftaran. Jika ada kesalahan di lembar pendaftaran, perbaiki dengan tip ex cair dan serahkan lembar pendaftaran itu.

-- Foto copy paspor (atau KTP)

* Foto copy paspor (KTP) diperlukan untuk ditempel di lembar pendaftaran
* Disukai untuk mencantumkan copy passport (KTP) yang ditulis dalam bahasa inggris (khususnya nama)

-- 2 lembar poto ukuran 3.5 x 4.5 cm ( diambil dalam waktu 6 bulan)

- Biaya tes: 24 USD

* bila peserta yang memiliki alasan yang kuat untuk membatalkan proses pendaftaran selama periode pendaftaran, maka peserta itu mendapat kembali uang pendaftaranya secara penuh. (akan tetapi bila ingin mendaftar kembali tidak diperbolehkan).

- Pendaftaran akan dilakukan sebanyak jumlah bukti uang pembayaran uang ujian yang diterima dan bila pendaftar terlalu banyak, maka akan dilakukan penambahan hari ujian. Jadwal pengumuman termasuk tempat ujian dan tanggal ujian bagi setiap peserta ujian akan disampaikan.

7. Ringkasan Tes

Struktur PertanyaanJumlah SoalNilai TotalWaktu
R/C2510040 Menit
L/C2510030 Menit
Total5020070 Menit

- Pertanyaan untuk Membaca dan Mendengar akan dipilih dari buku pertanyaan terbuka dan pertanyaan yang dikembangkan dari pertanyaan tertutup yang terbaru.

- Struktur tes dan pembagian nilai-nilai kelulusan standar

-- Pertanyaan pilihan berganda (multiple choice question)
-- R/C dan L/C akan dilakukan tanpa ada istirahat

- Yang perlu dipersiapkan saat hari tes

-- Kartu ujian
-- Paspor (atau KTP)

* semua peserta ujian diharuskan membawa paspor atau (KTP) yang sama dengan yang digunakan saat pendaftaran
* Tidak ada peserta ujian yang diijinkan ikut tes tanpa paspot (atau KTP)

8. Pengumuman hasil tes

- Tanggal pengumuman: 10 april 2012
- Metode pengumuman

-- papan pengumuman BNP2TKI
-- website EPS (http://www.eps.go.kr)
-- website eps-topik (http://epstopik.hrdkorea.or.kr)

- Periode validitas hasil tes 2 tahun (berlaku sejak tanggal hasil tes)

9. Informasi lain

- Jika seorang peserta dinyatakan sebagai pulang dengan tidak sukarela (non voluntary returnee), maka hasil ujianya akan dinyatakan invalid meskipun dia lulus tes dan peserta ujian akan bertanggung jawab penuh atas hal tersebut.
- Mereka yang lulus akan mendapat keuntungan dari periode penempatan yang dipersingkat termasuk prosedur pendaftaran dan penempatan yang lebih cepat dan termasuk tidak ikut preliminary training.
- Pada saat pelaksanaan ujian, alat komunikasi seperti handphone, cassette player, PDA, MP3 player, kamus elektronik dan alat alat elektronik lainya dilarang dipergunakan
- Bila peserta ujian kedapatan melakukan tindakan kecurangan pada saat ujian maka hasil ujianya akan dinyatakan gugur dan yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti ujian penempatan ke Korea selama 2 tahun ke depan.
- Bila terdapat perbedaan data identitas diri pada paspor atau kartu tanda pengenal dengan identitas diri pada lembar pendaftaran (nama, tanggal lahir dan jenis kelamin), maka proses penempatannya ke Korea akan dibatalkan dan peserta bersangkutan bertanggung jawab sepenuhnya apabila salah mengisi data identitas yang berakibat terjadi perbedaan identitas diri bersangkutan.

# Lulus ujian Khusus EPS-TOPIK hanya merupakan syarat untuk dapat melamar kerja ke Korea dan tidak sama sekali menjamin dapat bekerja di Korea.
# Selain itu, bagi yang dinyatakan tidak dapat mengikuti proses penempatan ke Korea oleh HRD Korea disebabkan alasan seperti hasil medical check-up tidak fit atau bagi yang pernah memiliki catatan illegal stay (tinggal di Korea secara ilegal) tidak akan dapat diikutkan dalam proses penempatan ke Korea.
# Sesuai dengan MOU antara Kementrian Tenaga Kerja dan Perburuhan Republik Korea (MOEL) dan Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, hanya BNP2TKI yang diberikan kewenangan legal untuk pengiriman tenaga kerja indonesia ke Republik Korea. Hanya pencari kerja yang lulus EPS-TOPIK dan teregistrasi di roster BNP2TKI yang dapat diperkerjakan oleh majikan di Korea bila ada pihak swasta yang terlibat dalam prosedur pengiriman tenaga kerja akan ada hukuman legal (sanksi) terhadap masalah ini.
# Besar biayanya 24 USD (atau sama dengan nilai tukar lokal) bagi peserta yang akan ikut ujian khusus EPS-TOPIK dan hanya biaya yang diumumkan secara resmi oleh BNP2TKI selama periode registrasi lamaran pekerjaan yang akan dibebankan kepada peserta untuk masuk ke Korea di bawah EPS. Disamping itu terkecuali BNP2TKI atau agency lain atau perorangan tidak diijinkan berhubungan terhadap prosedur penempatan dari EPS. Untuk alasan ini semua peserta harus memperhatikan fakta fakta ini dan melindungi diri mereka sendiri dari bahaya atau kehilangan yang disebabkan oleh seseorang atau agensi lain yang curang (penipu) yang berkaitan dengan rekomendasi atau bekerja di Korea di bawah EPS.

Dilaksanakan : Kementerian Tenaga Kerja dan Perburuhan Republik Korea (MOEL)
Dilakukan oleh : Human Resources Development Services of Korea
Bekerja sama dengan : BNP2TKI

Tambahan Informasi

Membayar biaya ujian sebesar 24 USD (Rp 219.744) melalui rekening Bank BRI No. 0862.01.006350.53.0 a.n Panitia Pelaksanaan EPS TOPIK.

a. Metode pembayaran uang ujian adalah datang langsung ke Bank BRI terdekat atau dapat membayar langsung di Bank BRI di lokasi pendaftaran.
b. Pembayaran langsung melalui ATM /E-Banking dan SMS Banking tidak diperbolehkan.
c. Peserta yang hendak mengikuti ujian khusus EPS-TOPIK 2012 disarankan membuka nomor rekening bank (bagi yang belum memiliki buku tabungan) guna keperluan pengembalian uang pendaftaran apabila yang bersangkutan dinyatakan oleh HRD Korea tidak dapat mengikuti ujian Khusus EPS-TOPIK 2012 pada tanggal 26 Maret sampai 30 Maret 2012. Peserta yang telah mengikuti Ujian Khusus EPS-TOPIK 2012 dan dinyatakan tidak lulus oleh HRD Korea atau berbuat kecurangan pada saat ujian tidak akan menerima uang pengembalian pendaftaran.
d. Bagi yang belum memiliki nomor rekening bank (buku tabungan bank) disediakan loket pembukaan rekening di lokasi pendaftaran.

Jakarta, 02 Maret 2012
Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah

TTD

DR IR Haposan Saragih
NIP: 19610303 198603 1002

Lihat juga:

- Revisi 2: Pengumuman Ujian Khusus EPS-TOPIK 2012
- Revisi Pengumuman Ujian Khusus EPS-TOPIK 2012
- Pengumuman Khusus EPS-TOPIK 2012