Diberitahukan bahwa Program G to G Korea hanya dilakukan oleh BNP2TKI, kepada seluruh calon/TKI Program G to G Korea untuk tidak menanggapi ataupun merespon dalam bentuk apapun tindakan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) / Kepala BNP2TKI / Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah untuk menarik biaya baik langsung maupun tidak langsung kepada peserta (Direktur Pelayanan Penempatn Pemerintah, Dr Haposan Saragih M Agr).
Berlangganan Program G to G Korea via FeedBurner...
Pengumuman Perekrutan Peserta Pelatihan Pendidikan Gratis untuk Diperkerjakan di Perusahaan Korea yang Ada di Indonesia...
Prosedur dan Persyaratan | Sending | SLC (Standard Labour Contact) | Preliminary Training dan Info

Daftar Nama TKI telah Mengikuti Preliminary Training 2008 sampai 2011 dan Jan-Jul 2012 Tidak Berangkat No: 0001-2018

Cetak
Kamis, 23 Agustus 2012 17:07



Pengumuman
Nomor: PENG. 309 /PEN-PPP/VIII/2012

Dalam rangka upaya peningkatan informasi tentang penempatan TKI ke Korea Program G to G, maka diumumkan kepada Calon TKI Korea Program G to G yang telah mengikuti Preliminary Training pada tahun 2008, 2009, 2010, 2011 dan 2012 sejumlah 2.018 orang (Preliminary Training tahun 2008, 2009 dan 2010 telah diumumkan pada website BNP2TKI pada tanggal 16 Juni 2011) tidak berangkat ke Korea walaupun sudah memperoleh Standart Labor Contract (SLC) / Visa dikarenakan beberapa hal :

1. Pengajuan Visa ditolak di Imigrasi Korea misalnya disebabkan oleh antara lain :

  1. Calon TKI pernah black list di korea misalnya pernah menjadi TKI illegal atau overstay dan melanggar UU ke Imigrasian Korea.
  2. Calon TKI sudah pernah masuk ke Korea sebelumnya (Eks Korea) dengan memakai identitas orang lain.
  3. Identitas Calon TKI tersebut pernah digunakan orang lain untuk masuk ke Korea.
  4. Menggunakan identitas pribadi yang sama tetapi ada beberapa data yang berbeda. misalnya nama dan atau tanggal lahir
  5. Data Calon TKI tersebut diragukan oleh pihak Imigrasi, dan dalam hal ini pihak Imigrasi berhak tidak memerlukan konfirmasi ke negara pengirim.

2. Pengguna ditolak oleh Imigrasi ketika Proses Pengurusan Visa Berlangsung sementara SLC sudah dikirimkan ke Indonesia antara lain disebabkan oleh :

  1. Perusahaan tersebut pernah mempekerjakan TKI illegal
  2. Perusahaan tersebut bangkrut ketika proses pengajuan Visa berlangsung.
  3. Perusahaan tersebut tidak melaksanakan kewajibannya ketika visa sudah di proses di Imigrasi Korea.
  4. Dan beberapa hal lainnya yang bersifat internal yang menyalahi Undang-Undang Ketenaga Kerjaan di Korea.

3. Pengguna sendiri membatalkan SLC atau Visa karena beberapar alasan misalnya antara lain :

  1. Perusahaan bangkrut ketika SLC sudah dikirim ke Indonesia dan pengurusan Visa atau proses pemberangkatan TKI berlangsung.
  2. Pengguna membatalkan SLC/Visa karena TKI tersebut terlalu lama tiba di Korea. hal ini salah satunya disebabkan TKI terlalu lama datang untuk Preliminary Training sehingga proses keberangkatan semakin lama.
  3. Pengguna membatalkan SLC/Visa ketika Calon TKI yang akan datang tidak sesuai dengan jumlah yang mereka minta atau order. (Beberapa perusahaan membutuhkan jumlah pekerja yang harus sekaligus tiba di perusaahaan sesuai dengan yang mereka minta, karena pengoperasian pekerjaan saling berkaitan satu sama lain)
  4. Pengguna tidak membayar segala kewajibannya yang berhubungan dengan peraturan Rekrut Tenaga Kerja Asing di Korea .

4. Hal-hal lain :

  1. TKI yang akan diganti, yang sudah direncanakan akan kembali ke Indonesia membatalkan kepulangannya dengan berbagai alasan.
  2. TKI yang akan diganti kabur menjadi TKI illegal dan tidak kembali ke Indonesia sementara SLC/Visa Calon TKI yang akan menggantikannya sudah dikirim ke Indonesia.
  3. TKI yang akan diganti tiba-tiba memperpanjang kontrak kerjanya sementara Calon TKI pengganti sudah dikirim SLC/Visanya ke Indonesia.
  4. Dan beberapa faktor internal lainnya yang tidak dapat disampaikan oleh Pemerintah Korea ke negara pengirim.

Demikian pengumuman ini untuk menjadi maklum. Terima kasih.

Jakarta, 23 Agustus 2012
DirekturPelayanan Penempatan Pemerintah

TTD

DR Ir Haposan Saragih M Agr
NIP: 19610303 198603 1002

Lampiran: Daftar Nama-nama TKI telah Mengikuti Preliminary Training Tahun 2008, 2009, 2010, 2011 dan 2012 (Januari-Juli 2012) Tidak Berangkat Nomor: 0001-2018 (download file excel 258 kb)