Diberitahukan bahwa Program G to G Korea hanya dilakukan oleh BNP2TKI, kepada seluruh calon/TKI Program G to G Korea untuk tidak menanggapi ataupun merespon dalam bentuk apapun tindakan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) / Kepala BNP2TKI / Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah untuk menarik biaya baik langsung maupun tidak langsung kepada peserta (Direktur Pelayanan Penempatn Pemerintah, Dr Haposan Saragih M Agr).
Berlangganan Program G to G Korea via FeedBurner...
Pengumuman Perekrutan Peserta Pelatihan Pendidikan Gratis untuk Diperkerjakan di Perusahaan Korea yang Ada di Indonesia...
Prosedur dan Persyaratan | Sending | SLC (Standard Labour Contact) | Preliminary Training dan Info

Pengumuman Ujian Keahlian (SKILL TEST) ke-1 Tahun 2013

Cetak
Selasa, 02 Juli 2013 15:04



Pengumuman Ujian Keahlian (SKILL TEST) ke-1 Tahun 2013
Nomor : Peng. 356 /PEN- PPP/VII/2013

Sehubungan dengan surat Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) Nomor: EPST- 2147 tanggal 27 Juni 2013, bersama ini diberitahukan bahwa pihak HRD Korea akan mengadakan Ujian Keahlian (Skill Test) ke 1 tahun 2013 dengan ketentuan sebegai berikut :

1. PILIHAN SEKTOR PEKERJAAN : MANUFAKTUR DAN PERINAKAN

2. KUALIFIKASI (PERSYARATAN)

Ujian Keahlian (skill test) diperuntukkan bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) yang telah mengikuti dan lulus ujian EPS-TOPIK pada tanggal 25 dan 26 Juni 2011, Ujian Ulang EPS-TOPIK 12 November 2011 serta 16 dan 17 Juni 2012 sebagai berikut

Bidang IndustriJenis Ujian EPS-TOPIKPersyaratan Nilai
ManufakturPeserta yang lulus Ujian EPS-TOPIK PBT ke 11 tanggal 15 sampai 16 Juni 2013Peserta yang lulus dengan nilai 152 Poin atau lebih tinggi (nilai maksimal 200) dan berminat untuk mengikuti ujian keahlian (skill test) secara sukarela
PerikananPeserta yang lulus Ujian EPS-TOPIK PBT ke 11 tanggal 15 sampai 16 Juni 2013, Ujian EPS-TOPIK CBT ke 1 tahun 2013 (Sektor Perikanan) dan Ujian EPS-TOPIK CBT ke 2 tahun 2013 ( Sektor Perikanan)Peserta yang lulus dengan nilai 132 poin atau lebih tinggi (nilai maksimal 200) dan berminat untuk mengikuti ujian keahlian (skill test) secara sukarela
  • CTKI Korea yang pernah mengikuti Ujian Keahlian sebelumnya, mereka yang tidak diperbolehkan masuk ke Korea oleh pihak Imigrasi Korea (Abandoning job application) dan mereka yang tidak diperbolehkan mendapatkan Certificate for Confirmation of Visa Issuance (CCVI) oleh HRD Korea tidak diperbolehkan mendaftar untuk ikut ujian keahlian.

3. PENDAFTARAN

  1. Waktu Pendaftaran : Senin, 8 Juli sampai Kamis, 11 Juli 2013 ( 4 hari) waktu pendaftaran dimulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB ( istirahat : 12.00 WIB sampai 13.00 WIB)
  2. Tempat Pendaftaran :

No

Lokasi Pendaftaran

Alamat Lokasi Pendaftaran

1Gedung KITCC Ciracas Jakarta TimurGedung Korea - Indonesia and Technical Cultural Cooperation CenterĀ  (KITCC) - belakang BP3TKI Ciracas Jakarta Timur Jl Pengantin Ali no 71 Ciracas Jakarta Timur (dekat Terminal Kampung Rambutan) Telp : (021) 87793803
2BP3TKI SemarangJl Kalipepe III/64 Pundak Payung Semarang Provinsi Jawa Tengah 50236 Telp 024-70799273 Fax 024-7477223
  1. Metode Pendaftaran : Datang ke Lokasi Pendaftaran (Mendaftar Sendiri)
  2. Persyaratan Dokumen dan Ketentuan :
  1. Asli Kartu Identitas diri (KTP / Paspor yang masih berlaku) dan fotocopy KTP / Passpor sebanyak 2 lembar.
  2. Asli Kartu Ujian EPS-TOPIK PBT ke 11 tahun 2013 bagi peserta yang ikut dan dinyatakan lulus Ujian EPS-TOPIK PBT ke 11 2013 dan fotocopy Kartu Ujian tersebut sebanyak 2 lembar.
  3. Kartu Ujian EPS-TOPIK CBT ke 1 dan 2 tahun 2013 bagi peserta yang ikut dan dinyatakan lulus Ujian EPS-TOPIK CBT ke 1 dan ke 2 tahun 2013 namun belum berangkat ke Korea dan fotocopy Kartu Ujian tersebut sebanyak 2
  4. Biaya ujian : Tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti pelaksanaan Ujian Keahlian.
  5. Formulir pendaftaran akan dibagikan secara gratis di lokasi pendaftaran.
E. Pihak HRD Korea adalah pihak yang menentukan peserta yang dapat mengikuti pelaksanaan Ujian Keahlian (Skill Test). Peserta yang telah mendaftar akan kembali diseleksi oleh pihak HRD Korea sehingga terdapat kemungkinan peserta yang telah mendaftar dapat dinyatakan oleh pihak HRD Korea tidak bisa mengikuti pelaksanaan Ujian Keahlian ( Skill Test ).

4. PENGUMUMAN HARI PELAKSANAAN UJIAN KEAHLIAN (SKILL TEST) DAN TEMPAT UJIAN

  1. Tanggal Pengumuman : 14 Agustus 2013
  2. Metode Pengumuman : pengumuman akan disampaikan melalui website BNP2TKI www.bnp2tki.go.id dan website EPS www.eps.go.kr
  3. Waktu Pelaksanaan Ujian Keahlian (Skill Test) tanggal 24 sampai 28 Agustus 2013 (dapat berubah sesuai dengan kondisi yang diperlukan).
  4. Lokasi Pelaksanaan Ujian keahlian (Skill Test) Test yakni :
  1. Gedung Korea - Indonesia and Technical Cultural Cooperation Center (KITCC) - belakang BP3TKI Ciracas Jakarta Timur, Jl. Pengantin Ali no.71 Ciracas Jakarta Timur (dekat Terminal Kampung Rambutan) Telp : (021) 87793803.
  2. Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah (0271) 646994,636895.
5. PENGUMUMAN HASIL UJIAN KEAHLIAN (SKILL TEST)
  1. Pengumuman hasil Ujian Keahlian (Skill Test) akan dilakukan pada Selasa tanggal 11 September 2013
  2. Metode Pengumuman : pengumuman akan disampaikan melalui website BNP2TKI www.bnp2ti.go.id dan website EPS www.eps.go.kr
6. MANFAAT MENGIKUTI UJIAN KEAHLIAN (NILAI PLUS) DAN BAGI YANG MEMPEROLEH NILAI TINGGI PADA SAAT UJIAN KEAHLIAN
  1. Peserta Ujian Keahlian (Skill Test) yang memperoleh nilai tinggi akan direkomendasikan secara khusus oleh HRD Korea kepada para user / calon majikan sehingga peserta yang bersangkutan akan lebih cepat ditempatkan di Korea.
  2. Peserta yang mengikuti Ujian Keahlian (Skill Test) namun tidak memperoleh nilai yang tinggi, hal tersebut tidak akan mempengaruhi hasil kelulusan dan proses penempatan yang bersangkutan.
Peserta ujian keahlian yang mendapatkan Nilai Rendah (Poor Scorer) tidak akan direkomendasikan ke pengguna di Korea. Nilai tertinggi (High Scorer) untuk ujian keahlian adalah 240 Poin dan Nilai Rendah (Poor Scorer) kurang dari 40 poin untuk setiap kategori ujian keahlian atau mendapatkan nilai total kurang dari 150 poin.

7. METODE DAN DETAIL PELAKSANAAN UJIAN KEAHLIAN (SKILL TEST)

  1. Isi Materi Ujian Keahlian (Skill Test).

Ujian Keahlian (Skill Test) terdiri dari 3 kategori meliputi Ujian Fisik, wawancara dan evaluasi pengalaman kerja serta ujian keahlian dasar.

  1. Distribusi Nilai Ujian.
Nilai TotalUjian FisikWawancaraUjian Keahlian DasarKeterangan
300 Poin100 Poin100 Poin100 Poin

8. MATERI UJIAN KEAHLIAN (SKILL TEST) - UJIAN FISIK

Materi UjianRincian Ujian
Daya TahanMelakukan Push up ( 1 Menit )
Kemampuan MenggenggamMengukur kekuatan genggaman tangan menggunakan alat pengukur (dalam satuan ukur kilogram)
FleksibilitasMengukur kekuatan membungkukkan badan
Kekuatan otot punggungMengukur kekuatan otot punggung dengan menggunakan alat pengukur ( dalam satuan ukur kilogram)

9. MATERI UJIAN KEAHLIAN (SKILL TEST) - WAWANCARA

Materi Ujian

Rincian

Keterangan

Komunikasi Dasar dan Pemahaman Perintah KerjaKomunikasi dasar dalam Bahasa Korea dan memahami perintah kerja dasar dalam Bahasa KoreaWawancara akan direkam selama 40 detik dan hasil rekaman akan di perlihatkan ke pengguna di Korea
Membaca KalimatMembaca empat atau lima kalimat dalam Bahasa Korea
Menjawab pertanyaan mengenai alat alat kerjaMenyebutkan nama-nama peralatan kerja, mendengarkan dan mencari peralatan kerja.
Pengalaman KerjaPengalaman Kerja dan Periode waktu kerja
Kepribadian dan KemampuanPerilaku, Sikap Positif, Kesiapan dan Lain-lain

10. MATERI UJIAN KEAHLIAN DASAR ( BASIC SKILL TEST )

Bidang PekerjaanTest ItemRincian
ManufakturMenaruh Tongkat di atas PapanMenaruh berbagai jenis tonkat yang berbeda di atas papan (tongkat berbagai warna, ukuran dan bentuk)
Memegang dan menggantungkan Ring (alat kerja)Memegang dan menggantungkan Ring dengan berbagai ukuran dan jenis di posisi yang tepat
Menyelesaikan PekerjaanMenggabungkan berbagai model alat kerja di tempat yang di sediakan
PerikananMenggunakan Kereta Dorong (Wheelbarrow) dan memberi makan ikanSetelah menggunakan kereta dorong di jalur yang ditetapkan, lalu memberi makan ikan

11. INSTRUKSI (PERHATIAN ) BAGI PESERTA UJIAN KHUSUS - SKILL TEST

  1. Waktu ujian dan tempat ujian untuk setiap peserta ujian akan diumumkan pada hari Rabu tanggal 14 Agustus 2013.
  2. Anda tidak dapat mengubah waktu pelaksanaan ujian dan tempat ujian dan peserta tidak akan diperbolehkan memasuki tempat ujian diluar waktu yang telah ditetapkan (terlambat).
  3. Peserta tidak diperbolehkan masuk ke tempat ujian dan mengikuti ujian tanpa membawa kartu tanda pengenal (KTP / Paspor yang masih berlaku) dan kartu ujian.
  4. Peserta ujian wajib memperhatikan aspek-aspek keselamatan diri pada saat pelaksanaan Ujian Keahlian (skill test), Peserta ujian bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan diri sendiri selama Ujian Keahlian.
  5. Peralatan dan perlengkapan Ujian Keahlian (skill test) akan dipersiapkan dan disediakan pada saat ujian keahlian di tempat pelaksanaan Ujian Keahlian, sehingga para peserta ujian tidak perlu membawa peralatan dan perlengkapan apapun kecuali Kartu Tanda Pengenal (KTP) / Paspor yang masih berlaku dan kartu ujian.
  6. Peserta Ujian Keahlian disarankan memakai pakaian yang nyaman dan rapi serta tidak menggangu gerak fisik pada saat Ujian Keahlian (Skill Test)
  7. Peserta akan mendapatkan nilai kosong (nol) apabila melakukan kecurangan pada saat Ujian Keahlian.
  8. Peserta Ujian Keahlian diminta memperhatikan isi materi Ujian Keahlian yang diumumkan bersama dengan pengumuman Ujian Keahlian (Skill Tes)
  9. Semua Peserta Ujian Keahlian (Skill Test) tetap dapat melamar pekerjaan ke Korea walaupun mendapatkan nilai rendah di Ujian Keahlian.

Jakarta, 2 Juli 2013
Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah

TTD

DR Ir Haposan Saragih
NIP. 19610303 198603 1002