Monday, 24 February 2020

Program Prioritas Nasional

KKBM

Deputi Perlindungan: TKI Purna Korea memiliki komitmen yang tinggi untuk dibina dalam program pemberdayaan

-

00.03 13 March 2017 1191

BNP2TKI, Lampung Timur (10/03) Usai menjadi Narasumber pada kegiatan edukasi Perlindungan bagi lintas sektor dan tokoh masyarakat, Deputi Bidang Perlindungan BNP2TKI, Teguh Hendro Cahyono bersama Kepala BP3TKI Lampung, Mangiring H Sinaga dan Tim lakukan kunjungan dan temu wicara terhadap pemberdayaan TKI purna yang pada tahun lalu diadakan di Desa Taman Endah Kec. Purbolinggo Kab. Lampung Timur.

Didaerah tersebut, banyak terdapat Purna TKI Korea yang dimotori oleh Sumanto yang menjadi mitra lokal dalam program pemberdayaan. KIni, hampir disetiap rumah di Taman Endah terdapat usaha-usaha yang digeluti para Purna TKI Korea seperti ternak lele,  ternak ayam petelor, ternak ayam potong dll).

Kelompok budidaya ikan air tawar “Mina Maju Lestari” begitulah para purna TKI Korea tersebut menamai perkumpulan produktif ini. Dalam kunjungannya, Teguh mengapresiasi langkah-langkah yang sudah diambil oleh para Purna TKI tersebut dengan membentuk paguyuban. Diakuinya, dengan membentuk kelompok, usaha-usaha seperti ini dapat lebih produktif dan bertahan lama “TKI purna korea dahulunya memiliki etos kerja ynag tinggi di negera penempatan, dengan bekal tersebut mereka hanya perlu diarahkan karena pada dasarnya memiliki komitmen yang kuat” ungkap teguh.

Hasil binaan tahun lalu saat ini sudah cukup produktif dan telah disuplai ke berbagai daerah di Lampung, Tangerang dan Palembang. Kepala BP3TKI Lampung berencana mengadakan kembali pelatihan di Desa Taman Endah mengingat antusiasme yang sangat tinggi dari TKI Purna Korea dan ikatan kekeluargaan yang kuat sebagai modal untuk pembentukan kelompok usaha “Nantinya, pembentukan koperasi TKI juga akan dipusatkan di Taman Endah” tambah Sinaga.

Memicu Semangat!

Kedatangan Deputi Bidang Perlindungan BNP2TKI beserta tim diakui para peserta memicu kembali semangatnya untuk lebih mengembangkan usaha hasil pelatihan. Selain itu, mereka sepakat untuk membentuk koperasi untuk pengembangan usaha. Melihat perkembangan dan hasilnya tidak menutup kemungkinan jika kedepan akan diusulkan pembentukan Kampung TKI di Taman Endah.

Hal tersebut cukup beralasan mengingat proyeksi sentra usaha TKI untuk kedepannya, Desa Taman Endah dan berbagai desa di Kecamatan Purbolinggo merupakan basis Purna TKI Korea dan rata-rata memiliki usaha seperti ternak ayam, ternak kambing, ikan serta warung.

Selain melakukan survey kelanjutan kelompok usaha, kedatangan Deputi Perlindungan juga untuk melihat bagaimana mekanisme usaha tersebut yang  jika dimungkinkan bisa diterapkan pula di daerah lain. Pada sore harinya, tim pun menyempatkan diri berkunjung ke Sekretariat Kube “Berkah Jamur” yang berada di Giriklopomulyo, Kec. Sekampung Kab. Lampung Timur untuk melihat perkembangan kelompok yang pada tahun lalu sudah dibina untuk berwirasusaha budidaya jamur tiram.

Dengan adanya komunitas pemberdayaan TKI purna dan keluarganya seperti ini dapat berfungsi sebagai wadah komunitas yang mengarahkan proses penempatan yang benar, layaknya calo tandingan dan komunitas yang menerima sebagai pendampingan advokasi bagi TKI yang bermasalah.(BP3TKI-LAMPUNG/HUMAS/GUMAY)