Bazar TKI Purna Serang, Tindaklanjut Program Pemberdayaan TKI

18 Juni 2017 05:06 WIB

Serang, BNP2TKI (19/6/17) - Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Serang bekerjasama dengan Carrefour kota Serang mengadakan Bazar Ramadhan TKI Purna, pada tanggal 17-18 Juni 2017. Acara dibuka oleh Kepala BP3TKI Serang , A.Gatot Hermawan, SH, MH yang didampingi oleh H.R Setiawan,SH, M.Si, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Serang dan dihadiri oleh Kasubdit Pemberdayaan dan Rehabilitasi TKI Purna BNP2TKI, Kabid pembinaan dan penempatan Tenaga Kerja, Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Serang, Mitra lokal/industri, serta para TKI purna.

Bazar Ramadhan TKI Purna tersebut diikuti oleh para peserta yang telah mendapatkan pelatihan melalui program pemberdayaan bagi TKI Purna yang dilaksanakan BP3TKI Serang di Tahun 2017 sebanyak 250 orang. Dalam kegiatan tersebut binaan Dinas Tenaga Kerja kabupaten Serang juga berpartisipasi menampilkan berbagai macam produk makanan ringan khas Banten. Kegiatan ini merupakan upaya tindaklanjut BP3TKI Serang dalam rangka program pemberdayaan untuk memperkenalkan produk-produk hasil TKI purna ke pasar. Salah satu dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan potensi produk TKI Purna yang bermutu dan berkualitas sehingga mampu untuk diterima pangsa yang luas.

Dalam kesempatannya, Kasubdit Pemberdayaan dan rehabilitasi TKI purna BNP2TKI, Yull elvira Yulinda SH, M.Si menyampaikan apresiasi dan sukacitanya atas partisipasi para TKI Purna pada Bazar Ramadhan tersebut. Linda melanjutkan bahwa BP3TKI Serang telah menciptakan suatu inovasi dalam rangka mengembangkan program pemberdayaan bagi TKI Purna dan keluarganya, "Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai wadah dalam mengembangkan usaha oleh para peserta," jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala BP3TKI? Serang A.Gatot Hermawan, SH, MH menjelaskan dalam sambutannya, keikutsertaan para TKI Purna tidak saja memperkenalkan produk khas Banten yang menjadi produk hasil TKI tetapi juga sekaligus menunjukkan bahwa TKI Purna bisa mandiri berwirausaha dan meraih kesuksesen didalam negeri.

Gatot menambahkan, "Untuk mengubah mindset para TKI Purna agar tidak kembali bekerja keluar negeri dan mau memulai berwirausaha, salah satu peran penting pemerintah. Dalam hal ini BP3TKI Serang ingin menunjukkan kepada para TKI Purna khususnya di Provinsi Banten bahwa berwirausaha tidak susah, asalkan diikuti dengan kemauan dan ketekunan" pungkasnya. ***(Humas/BP3TKI Serang)

Share: