Ronny F Sompie: Imigrasi Dukung BNP2TKI Dalam Upaya Pencegahan TPPO

17 Juli 2017 12:21 WIB

Dirjen Imigrasi, Irjen Pol Ronny F Sompie, memberi sambutan sekaligus himbauan untuk bekerja ke luar negeri secara prosedural.
Tanjung Balai Karimun, BNP2TKI, Senin (17/07/2017) – Dirjen Imigrasi, Ronny F Sompie, menuturkan Imigrasi telah menunda keberangkatan 800 WNI yang terindikasi akan bekerja keluar negeri namun tidak memenuhi syarat bekerja sebagai TKI prosedural, salah satunya tidak memiliki visa kerja. Hal ini dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di luar negeri oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Ronny yang ditemui dalam acara peluncuran Anjungan Paspor Mandiri (APM) di Kantor Imigrai Kelas II, Tanjungbalai Karimun, pada Selasa (11/07) lalu menyatakan, "Imigrasi mendukung BNP2TKI didalam upaya pencegahan TPPO dan siap bekerjasama," ujarnya.

Kepala BP3TKI Tanjungpinang yang diwakili oleh Koordinator P4TKI Tanjung Balai Karimun, Elsi Rosalia, menjelaskan koordinasi lintas sektoral antar Instansi pemerintah termasuk Imigrasi terkait upaya pencegahan korban TPPO di wilayah Karimun telah dibangun.

“Edukasi kepada masyarakat agar memilih bekerja keluar negeri secara prosedural harus disampaikan secara berkesinambungan. Mengingat Kabupaten Karimun berada dijalur pelayaran internasional selat malaka, dan juga berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Dari 249 pulau, ada 58 pulau yang berpenghuni,” ujar Elsi.

Acara  yang berlangsung kurang lebih tiga jam ini turut dihadiri oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Ketua DPRD Kabupaten Karimun, jajaran instansi pemerintah dan tokoh agama. *** (Humas/P4TKI Tj Balai Karimun)

Share: