Deputi KLN Promosi : Upgrading Skill bagi Calon TKI ke luar negeri Terus Dilaksanakan

12 Agustus 2017 15:50 WIB

Kegiatan Upgrading Skill Welder di Cilacap
Jakarta, BNP2TKI, Jumat (11/08/2017) -- Deputi KLN Promosi BNP2TKI, Drg. Elia Rosalina Sunityo, MARS, M.Si berharap jumlah penempatan TKI Formal dapat meningkat secara signifikan dan tercipta kondisi Zero TKI PLRT pada tahun 2019. Demikian disampaikan Elia di ruang kerjanya, pada Jumat (11/08/2017).
 
Di awal tahun 2017, BNP2TKI telah menyelenggarakan program peningkatan kualitas dan kompetensi (upgrading skill) bagi calon TKI yang akan bekerja ke luar negeri sebanyak 315 orang.
 
Para Calon TKI mengikuti program pendidikan dan pelatihan upgrading skill (kompetensi dan bahasa) yang diselenggarakan dibeberapa daerah di Indonesia diantaranya, Jakarta (untuk calon TKI sektor Hospitality jabatan Chef dengan tujuan penempatan Negara Australia) pada tanggal 12 Juli s.d 18 Agustus 2017, sebanyak 18 Calon TKI diberikan bekal pendidikan dan pelatihan pendalaman bahasa Inggris bertempat di Lembaga Bahasa LIA, Jakarta.
 
Banyuwangi, untuk 53 Calon TKI Nurse lulusan S1 dan D3 Keperawatan mengikuti upgrading skill kompetensi Licensed Practical Nurse (LPN) untuk tujuan Negara penempatan Timur Tengah dan Kuwait. Dilaksanakan di Akademi Keperawatan Rustida, Banyuwangi dimulai pada 17 Juli 2017 dan dilaksanakan untuk 250 jam pelajaran bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Krakilan, Banyuwangi dan organisasi profesi perawat Jawa Timur. Sebagian besar peserta upgrading skill merupakan tenaga honorer Rumah Sakit Umum Daerah Banyuwangi dan sekitarnya.
 
Kemudian, daerah Cilacap (untuk TKI Welder) pada 17 juli s.d 14 Agustus 2017 dilakukan upgrading skillkompetensi dengan menggunakan bahasa Inggris kepada sebanyak 50 orang calon TKI bertempat di SMKN 2 Cilacap yang letaknya berada di tengah kota dengan sarana prasarana lengkap, instruktur berpengalaman dan sudah memiliki kerjasama internasional dengan perusahaan manufaktur dan otomotif di Jepang.
 
Daerah Bali (untuk TKI sektor Hospitality jabatan Chef yang akan bekerja di kapal pesiar/seabase Mediterania Shipping Company) sebanyak 56 orang dilatih bahasa Inggris selama 250 jam pelajaran pada 24 Juli s.d 22 Agustus 2017 dengan tujuan penempatan Negara Italia di LPK Balindo Paradiso, Bali.
 
Untuk Garut (calon TKI sector hospitality jabatan Cook yang akan ditempatkan di Restoran khas Sunda Cibiuk di Malaysia) sebanyak 20 orang calon TKI mendapatkan upgrading skill pelatihan bahasa Inggris selama 25 hari @ 10 jam pelajaran bertempat di SMK Tata Boga, Garut. 
 
Lalu, Yogyakarta sebanyak  118 calon TKI yang akan ditempatkan di kapal pesiar ini (Royal Caribian, Cruise Vicking, Winstar, Carnival) untuk Negara tujuan Amerika Serikat dilakukan upgrading skill bahasa Inggris pada tanggal 01 Agustus s.d 01 Oktober 2017. Dilaksanakan serentak di 3 (tiga) lembaga upgrading skill yaitu LPK Miami Fleet dengan jumlah peserta sebanyak 58 CTKI, LPK American British sebanyak 30 CTKI, serta LPK Cristal sebanyak 30 CTKI.
 
“Dari rangkaian program Upgrading skill ini diharapkan akan meningkatkan kompetensi serta kemampuan bahasa Inggris para calon tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri.” ujar Elin, sapaan akrab Deputi KLN dan Promosi di ruang kerjanya (11/08/2017).
 
Selanjutnya, Elin juga mengatakan upgrading skill tahap 2 akan dilaksanakan mulai awal September 2017 di wilayah kerja BP3TKI Mataram, BP3TKI Jakarta, BP3TKI Jawa Tengah, BP3TKI Denpasar dan LP3TKI Surabaya.
 
“Sangat diperlukan adanya penyelarasan (harmonisasi) antara supply (pencari kerja) dan demand (permintaan  kerja), sehingga mereka bekerja sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya guna mendapatkan hak-hak, gaji yang sesuai dan mendapatkan perlindungan jaminan kerja,” pungkas Elin. **** (Humas).

Share: