LTSP – P2TKI Hadir di Kabupaten Sukabumi

27 Desember 2017 23:34 WIB

Sukabumi, BNP2TKI Rabu (27/12) – Di penghujung tahun 2017 Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi meresmikan Layanan Terpadu Satu Pintu Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LTSP-P2TKI) di Kabupaten Sukabumi.

 

LTSP-P2TKI di Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu trobosan baru di Kabupaten Sukabumi. Kantor LTSP-P2TKI ini merupakan kantor layanan terpadu yang didirikan di komplek Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, dimana didalamnya sudah disiapkan instansi-instansi lintas sektor yang terkait, antara lain perwakilan dari BP3TKI Bandung, Disnakertrans, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, Polres Sukabumi, RSUD Sekarwangi, dan BPJS Ketenagakerjaan.

 

Kantor LTSP-P2TKI Sukabumi diresmikan oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami di kantor Disnakertrans Sukabumi,Rabu (27/12) yang beralamat di jalan Pelabuhan Kabupaten Sukabumi.

 

Marwan mengatakan dengan didirikannya kantor LTSP-P2TKI dapat memberikan pelayanan penempatan dan perlindungan TKI secara terpadu dalam satu pintu dengan lebih cepat, mudah, murah dan aman.  LTSP –P2TKI ini juga akan mempermudah para calon TKI mengurus persyaratan dan mencegah pengiriman TKI illegal.

 

Pemerintah Kabupaten Sukabumi juga melakukan penataan pengelolaan paska penempatan untuk TKI Purna dan keluarganya agar terus dapat meningkatkan derajat hidup dan penghasilan yang didapat secara berkesinambungan melalui pengelolaan paska penempatan dan pemberdayaan, ujar Marwan.

 

Deputi Penempatan BNP2TKI Teguh Hendro Cahyono mengatakan, LTSP- P2TKI  dibentuk sebagai upaya peningkatan pelayanan yang lebih terintegrasi, lebih sederhana, transparan biaya, serta prosedur yang mudah dan cepat. Peresmian ini adalah titik awal yang penting mengawal kualitas pelayanan kepada Masyarakat terutama TKI dan kedepannya tidak ada lagi pelayanan berbelat belit lagi.

 

Dengan telah diresmikannya kantor baru LTSP diharapkan proses pelayanan bagi CTKI/TKI bisa lebih cepat, mudah, murah serta aman, yang pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Sukabumi serta menekan angka pengiriman TKI Non Prosedural, ungkap Teguh

 

Teguh menjelaskan bahwa LTSP – P2TKI merupakan satu dari tiga target nasional program tatakelola pelayanan TKI. LTSP – P2TKI hadir sebagai wujud implementasi perintah Presiden RI Bapak Joko Widodo, agar pemerintah memberikan kemudahan, kepastian dan keamanan dalam proses pelayanan penempatan dan perlindungan TKI.

 

Turut hadir Direktur KVPD Haposan Saragih, Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi H. Ade Mulyadi, Kepala BP3TKI Bandung Delta, Imigrasi Kelas II Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, Polres Sukabumi, RSUD Sekarwangi, dan BPJS Ketenagakerjaan, serta pejabat lainnya di wilayah Kabupaten Sukabumi.***(Humas)



Share: