BP3TKI Pontianak Kerjasama Dengan Pramuka Terkait Penyebaran Informasi Program Penempatan dan Perlindungan PMI

09 Februari 2018 08:53 WIB

Kepala BP3TKI Pontianak, Ahnas (kiri) dan Ketua Pramuka Kwarda Kalimantan Barat, Suriyadi

BNP2TKI, Pontianak, Jumat (9/2/2018)___BP3TKI Pontianak bersama Pramuka Kwarda Kalimantan Barat menandatangani kerjasama terkait penyebaran informasi  program penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Acara berlangsung di Aula Kantor Camat Pontianak Barat, Selasa (06/02) menghadirkan empat narasumber yaitu  Deputi Penempatan BNP2TKI, Teguh Hendro Cahyono, Kasubdit Sosialiasi Direktorat Sosialisasi dan Kelembagaan BNP2TKI, Rizal Saragih, Kepala BP3TKI Pontianak , Ahnas, dan Ketua Pramuka Kwarda Kalimantan Barat, Suriyadi, Direktur KPVD Haposan Saragih dan puluhan Anggota Pramuka Kwarcab Pontianak.
 

Kepala BP3TKI Pontianak, Ahnas dalam paparannya mengatakan kondisi geografis Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Brunei, membuat banyak warganya yang bekerja ke negara tetangga. Hal ini menuntut dibutuhkan peran dari masyarakat untuk menyebarluaskan informasi terkait penempatan dan perlindungan PMI.
 

Dalam perjanjian kerjasama ini, BP3TKI Pontianak akan menyiapkan modul-modul terkait penempatan dan perlindungan PMI, menyelenggarakan pembekalan program penempatan dan perlindungan PMI kepada anggota Pramuka dan menyiapkan narasumber terkait pembekalan tersebut.
 

Adapun tugas Pramuka Kwarda Kalimantan Barat dalam perjanjian kerjasama ini akan mendorong anggotanya untuk berpartisipasi aktif dalam rangka sosialisasi penempatan dan perlindungan PMI.
 

“Kami mempunyai Sumber Daya Manusia yang banyak dan tersebar di seluruh Kalimantan Barat. Anggota Pramuka siap menyerbarluaskan informasi terkait penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia,” ujar Suriyadi.
 

Sementara itu Deputi Penempatan BNP2TKI, Teguh Hendro Cahyono mengatakan pentingnya menjadi PMI aman. Mengikuti proses yang resmi sehingga aman selama  bekerja di luar negeri.
 

“Silahkan buka website kami www.bnp2tki.go.id, semua informasi terkait penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia ada didalamnya. Ada juga Halo TKI untuk pengaduan di nomor 08001000 (bebas pulsa dari dalam negeri), 02129244800 dari luar negeri,”tutur Teguh.
 

Setelah penandatanganan kerjasama, acara dilanjutkan dengan paparan mengenai Penempatan dan Perlindungan PMI yang dibawakan oleh Rizal Saragih, Kasubdit Sosialisasi Direktorat Sosialiasi dan Kelembagaan Penempatan BNP2TKI. Setelah itu dilanjut dengan sesi tanya jawab dengan para peserta. (Humas/Atm)



Share: