Kepala BP3TKI Pontianak Terima Kunjungan Kerja Kadisnakertrans Sambas

10 Februari 2018 11:26 WIB

Kepala BP3TKI Pontianak, Ahnas saat menerima kunjungan kerja Kadisnakertrans Sambas, di Kantor BP3TKI Pontianak, Kamis (8/2/2018)
BNP2TKI, Pontianak, Jumat (9/2/2018)___Dalam rangka meningkatkan sinergitas antar lembaga terkait proses penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI), Kepala BP3TKI Pontianak,  Ahnas menerima kunjungan kerja Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sambas Zainal Abidin, di kantor BP3TKI Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (08/02). Kunjungan kerja ini sekaligus silaturahmi karena dirinya baru satu bulan menjabat Kadisnakertrans Sambas.


Dalam pertemuan ini, disepakati bahwa sinergitas yang sudah terjalin antara BP3TKI Pontianak dan Disnakertrans Sambas akan lebih ditingkatkan lagi. Selain itu pula Zainal memberikan informasi terkait isu-isu terbaru yang ada di Kabupaten Sambas.


“Dalam waktu dekat ini di PLBN Aruk sudah dapat melayani road tax sehingga diperkirakan banyak PMI yang akan lewat Aruk karena lebih mudah dan berbiaya rendah,” ujar Zainal.


PMI asal Sambas apabila ingin berangkat bekerja ke Malaysia masih harus melewati PLBN Entikong. Hal ini dikarenakan belum tersedianya transportasi massal dari Sambas ke PLBN Aruk dan langsung ke wilayah-wilayah yang ada di Serawak. Namun, seiring dengan akan dibukanya layanan road tax di PLBN Aruk, dapat dipastikan sarana transportasi massal akan bermunculan.


Sementara itu Kepala BP3TKI Pontianak, Ahnas, mengatakan semenjak terbentuknya LTSA P2TKLN di Kabupaten Sambas, sinergitas kedua instansi ini sudah terjalin dengan baik. Bahkan dalam waktu dekat ini BP3TKI Pontianak akan mengadakan perjanjian kerjasama dengan Pemda Sambas khususnya dengan Dinas Sosial ,  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa terkait masalah penempatan dan perlindungan PMI di Kabupaten Sambas.


Masyarakat Sambas sangat terbantu dengan adanya LTSA P2TKLN ini karena mereka dilayani seperti investor oleh petugas LTSA P2TKLN. Dengan datang di satu gedung mereka dapat menikmati berbagai layanan untuk dokumen-dokumen keberangkatan bekerja ke Luar Negeri.


Di LTSA P2TKLN Sambas ini terdapat enam instansi yang melayani berbagai dokumen seperti Dinas Catatan Sipil melayani perekaman, pencetakan EKTP dan pembuatan Surat Keterangan Pindah Luar Negeri (SKPLN) , Dinas Tenaga Kerja melayani pembuatan id tki dan pembuatan rekom paspor serta rekomendasi cek kesehatan, Imigrasi Sambas melayani pembuatan Paspor. Kepolisian Resort Sambas melayani pembuatan SKCK, BPJS Ketenagakerjaan memberikan layanan jaminan sosial bagi pekerja migran, dan P4TKI Sambas memberikan layanan Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP) dan EKTKLN.


“Proses yang ada di LTSA P2TKLN ini sangat memudahkan para PMI,”ujar Ahnas.
Turut hadir dalam kunjungan kerja ini Kepala Seksi Penyiapan Penempatan BP3TKI Pontianak, As Syafii,  dan Koordinator P4TKI Sambas, Andi Kusuma Irfandi, serta Kepala Subbagian TU LLK Disnakertrans Sambas, Riky Choysikin. (Humas/BP3TKI Pontianak)

Share: