BP3TKI Makassar Gugah Semangat Kawula Muda Untuk Berprestasi

15 Mei 2018 11:14 WIB

Makassar, BNP2TKI, Selasa (15/05/2018)__Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Makassar kembali bersinergi dengan pemerintah daerah. Kepala BP3TKI Makassar, Mohammad Agus Bustami menjadi narasumber dalam Sosialisasi Pembinaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang digelar oleh DInas Ketenagakerjaan Kota Makassar di Hotel d’Maleo, Makassar, Senin (14/05/2018).
.
Peserta sosialisasi sebanyak 100 orang terdiri dari siswa dari beberapa SMK di kota Makassar beserta beberapa guru yang turut hadir mendampingi siswanya. Selain pemaparan mengenai peluang kerja ke luar negeri dengan berbagai skemanya serta prosedur penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri yang benar, Agus Bustami juga memberikan motivasi dan nasehat kepada para peserta, serta beberapa kritik terhadap lembaga pendidikan.

Beberapa nasehat tersebut antara lain mengenai pentingnya menerapkan pola hidup sehat untuk performance fisik yang prima, dan agar para remaja sedini mungkin menyiapkan kompetensi yang ingin dikuasainya, karena kompetensi sesungguhnya jauh lebih penting daripada sekedar ijazah. “Di negara-negara maju kita bahkan tidak ditanyai apa ijazahmu, tetapi apa kompetensimu” ujar Agus Bustami.

Terkait dengan kompetensi, Agus Bustami menyarankan kepada lembaga pendidikan, khususnya SMK yang notabene  menyiapkan lulusannya untuk langsung bekerja ketimbang melanjutkan pendidikan, agar menyesuaikan kurikulum dengan orientasi pasar kerja, dan jangan sampai terjadi mismatch antara apa yang dipelajari dan apa yang dibutuhkan di dunia kerja.***(Humas-BP3TKI Makassar/MA)

Share: