P4TKI Sambas Lakukan Sosialisasi Pelindungan PMI di PLBN Aruk

11 Juli 2018 16:58 WIB

Sambas, BNP2TKI, Rabu (11/07/18) – Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Sambas selenggarakan Sosialisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Aula Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Aruk di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Senin, 9 Juli 2018.

 

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Koordinator P4TKI Sambas, diikuti peserta dari jajaran petugas Karantina Pertanian, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi, Beacukai, Satgas Pengamanan Perbatasan, Polsek Sajingan, Muspika Kecamatan Sajingan dan para Kepala Desa Kecamatan Sajingan di Aula PLBN Aruk.

 

Administrator PLBN Aruk, Manto Saidi dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, memberikan respon positif terhadap kegiatan tersebut. Disebutkan bahwa PLBN Aruk merupakan satu dari tiga titik PLBN Terpadu di Kalimantan Barat selain PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau dan PLBN Nanga Badau di Kabupaten Kapuas Hulu yang menjadi titik perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

 

Sementara itu, Koordinator P4TKI Sambas, Roni Firman Ramdani mengatakan sosialisasi pelindungan PMI ini dilakukan di PLBN Aruk dengan tujuan agar para petugas perbatasan memahami prosedur dan tata cara penempatan dan pelindungan PMI.

 

“Langkah ini merupakan persiapan menyongsong ditetapkannya PLBN Aruk sebagai jalur kendaraan umum rute Singkawang-Kuching yang juga melayani para pelintas batas dengan tujuan bekerja ke luar negeri" kata Roni. 

 

Roni juga menambahkan signifikansi kenaikan angka pelintas batas di PLBN Aruk semakin tahun kian meningkat, hal ini diukur dari jumlah PMI yang mudik lebaran kemarin melalui Aruk yang cukup padat.

 

Selain itu sosialisasi ini juga bertujuan menjalin sinergi antar instansi yang ada di PLBN Aruk dalam melakukan tugas-tugas pelayanan sehari-hari, ungkap Roni. Sebagai informasi, luas total bangunan PLBN Aruk 2,9 ribu meter persegi di lahan seluas 9,1 hektare yang terdiri atas bangunan utama, bangunan pemeriksaaan terpadu, rumah pompa dan genset, bangunan gudang sita, car wash, check point dan bangunan lain. ***(Humas/RFR).



Share: