50 Orang Calon PMI Lulus Upgrading Skill

08 Agustus 2018 16:19 WIB

Pelaksanaan kegiatan Upgrading Skill bagi para Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di Lembaga Belajar (LB) LIA Cirebon
BNP2TKI, Cirebon, Rabu (8/8/2018)__Pelaksanaan kegiatan Upgrading Skill  bagi para Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di Lembaga Belajar (LB) LIA Cirebon telah usai. Melalui kerjasama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dengan LB LIA Cirebon berhasil melaksanakan kegiatan upgrading skill dengan baik dan lancar. Upgrading skill ini diikuti 50 peserta, semuanya wanita dan pelaksanaannya berlangsung selama 25 hari kerja secara intensif sejak tanggal 10 Juli sampai Agustus 2018 dengan tujuan negara penempatan di Malaysia.
 
Kegiatan Upgrading skill ini guna meningkatkan kemampuan CPMI di bidang Bahasa Inggris, Keterampilan Elektronika, Kepribadian dan Sosial Budaya sehingga mampu bersaing dengan pekerja lain dari berbagai negara serta mampu meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia. Demi mendukung ini,  LB LIA CIREBON sebagai pelaksana kegiatan program pelatihan upgrading skills ini, hanya memiliki sarana dan prasarana pembelajaran bahasa Inggris saja, maka untuk melengkapi materi dan ketrampilan lainnya, LB LIA bekerjasama dengan lembaga/pihak lain, yaitu dengan PT. SUDINAR ARTHA Cabang Cirebon, untuk penyediaan peserta pelatihan sebanyak 50 orang CPMI, dan pengisi materi Budaya, kemudian dengan SMK NASIONAL Cirebon untuk ketrampilan elektronika dan Lembaga Psikologi Binaman Mitrakonsul, untuk materi Kepribadian.
 
BNP2TKI melalui Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promisi mendukung penuh kegiatan ini, demi tercapainya CPMI yang berkualitas. Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas TKLN I BNP2TKI, Seriulina Tarigan menutup acara sekaligus menyampaikan sambutan dihadapan para CPMI yang telah lulus Upgrading Skill dan turut hadir Kasubdit Pemetaan Potensi Tenaga Kerja Luar Negeri (TKLN) 1 BNP2TKI, Revina Purnama Panjaitan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Cirebon, Agus Sukmanjaya, kemudian Wakil Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Odik, Kepala BP3TKI Bandung, Delta dan Kepala Cabang LB LIA Cirebon, Supryatna beserta jajaran, di gedung LB LIA Cirebon, Jl. Kesambi no.85 Cirebon, Selasa (7/8/2018).
 
Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas TKLN I BNP2TKI, Seriulina Tarigan dalam sambutannya dalam mengatakan bahwa secara skill PMI dari Indonesia sudah lulus seleksi, namun yg menjadi kendala utamanya adalah bahasa. Banyak permintaan dari luar negeri yang high level untuk Indonesia, namun karena kemampuan bahasa masih kurang sehingga hal ini tidak dapat kita isi dan bahkan ada juga yang di down grade posisinya.
 
“BNP2TKI terus meningkatkan kompetensi CPMI sesuai dengan persyaratan jabatan yg diminta oleh pengguna melalui perbanyak kerjasama dengan LPK/LKP sebagai penyelenggara upgrading skills dalam memenuhi target 2.000 orang di tahun 2018", ujar Seriulina.
 
Seriulina juga menanamkan kepada lulusan upgrading skill untuk percaya diri dan fight dalam bekerja karena sdh mengikuti upgrading skill selama 25 hari dengan baik dan tentunya telah memiliki bekal kompetensi. 
 
Diakhir sambutannya, Direktur PH1 ini mengharapkan CPMI bekerja di Malaysia harus menjaga nama baik Negara dan Bangsa Indonesia, rajin bekerja dan rajin menabung utk nanti bekal usaha atau kuliah sepulang bekerja dari luar negeri. ** (Humas/MLD)
 

Share: