P4TKI Batam Bekerjasama dengan Polairud Kota Batam Lakukan Pencegahan 19 CPMI Ilegal

08 Oktober 2018 13:08 WIB

BNP2TKI, Senin (10/8/2018)___BP3TKI Tanjungpinang melalui Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Batam telah memulangkan 19 orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang ditangkap di Batam. Semua CPMI ini berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Proses pemulangan tersebut dilakukan pada Rabu (3/10/2018).

Kegiatan pencegahan terhadap CPMI ilegal memang sering dilakukan beberapa instansi di Kota Batam. Hal ini karena menurut data memang banyak CPMI ilegal yang berangkat melalui Batam. Selain lebih murah, letak geografis Batam juga merupakan faktor pendukung para CPMI berangkat melalui Batam. Disamping itu kurangnya pengetahuan masyarakat tentang prosedur menjadi PMI resmi juga menjadi penyebabnya. Kepolisian, TNI dan BNP2TKI adalah instansi yang sering melakukan kegiatan pencegahan terhadap CPMI Ilegal.

Berdasarkan informasi dari masyarakat tentang adanya aktifitas mencurigakan, pada hari Sabtu (29/09) pukul 22.00 WIB, Polairud Kota Batam berhasil menggagalkan pengiriman CPMI Ilegal menuju Malaysia. Para CPMI ini dicegah di perairan hutan bakau, Nongsa dan sedang berada diatas Speed Boat tanpa nama. Dari kegiatan pencegahan ini ditetapkan 3 orang tersangka yang membantu proses pemberangkatan para CPMI Ilegal menuju Malaysia.

Pada Selasa (2/10) 19 orang CPMI tersebut diserahkan kepada P4TKI Batam untuk didata, sosialisasi, dan dipulangkan ke daerah asal. Koordinator P4TKI Batam, Titi Delima Panjaitan,S.H  yang langsung memberikan sosialisasi terkait bekerja keluar negeri dengan resmi. Dalam sosialisasi tersebut, Titi juga menambahkan “P4TKI Batam bekerjasama dengan Polairud Batam akan terus berperan aktif dalam mencegah keberangkatan CPMI ilegal yang akan berangkat ke Malaysia atau ke negara lainnya yang melewati kota Batam.

” Pada keesokan harinya para CPMI ini dipulangkan dan didampingi oleh pegawai P4TKI Batam sehingga proses pemulangan dapat berjalan lancar.**(Humas/P4TKI Batam/WS/Editor:Lily)
 

Share: