BP3TKI Mataram Bersama KBRI Kuala Lumpur Lakukan Dialog Langsung Dengan PMI Asal Lombok di Kulim, Malaysia

06 November 2018 09:50 WIB

Delegasi BP3TKI Mataram, KBRI Kuala Lumpur dan KJRI Penang berfoto bersama usai dialog dengan PMI asal Lombok yang bekerja di Kulim, Malaysia
Mataram, BNP2TKI  (06/11) – Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Mataram mendampingi KBRI Kuala Lumpur dan KJRI Penang melakukan kunjungan ke Perusahaan Kelapa Sawit Sime Darby di Kulim, Malaysia. Jum'at, 2 November 2018 bertempat di Sports Hall Komplek Ladang, acara dibuka oleh Konsul Jenderal RI Penang, Iwanshah Wibisono dan dihadiri sejumlah 100 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mayoritas berasal dari Pulau Lombok.
Iwanshah memberikan apresiasi kepada Sime Darby karena telah mempercayakan pengelolaan ladangnya kepada para pekerja asal Indonesia.

“Sime Darby memiliki banyak ladang kepala sawit yang tersebar di wilayah kerja KJRI Penang dan terkenal dengan ditunjang manajemen yang bagus, kerjasama seperti ini yang diharapkan oleh pemerintah Indonesia, semoga kedepan semakin banyak pekerja asal Indonesia yang bekerja di perusahaan ini” ungkap Iwanshah

Pada kesempatan tersebut turut hadir Atase Tenaga Kerja KBRI Kuala Lumpur, Budi H. Laksana yang ikut berdialog dengan para pekerja asal Indonesia. Para PMI terlihat antusias mengikuti jalannya dialog setelah mengetahui ada perwakilan pemerintah dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui BP3TKI Mataram.

Kepala BP3TKI Mataram, Joko Purwanto mengungkapkan kebahagiaannya dapat bertatap muka langsung dengan para pekerja Indonesia asal NTB. “Senang sekali melihat para PMI asal NTB di sini, perusahaan telah mempekerjakan para pekerja Indonesia dengan cukup baik, mulai dari proses perekrutan pekerja, upah pekerja, sampai dengan fasilitas yang diberikan. Semoga para PMI sukses dan mampu memanfaatkan hasil yang didapat selama bekerja dengan baik” ungkap Joko.

Dalam sesi dialog, banyak disinggung terkait pentingnya tenaga kerja mengikuti prosedur untuk bekerja ke luar negeri dengan mencari informasi peluang kerja di Dinas Tenaga Kerja setempat atau BP3TKI. Selanjutnya penting juga bagi para pekerja asal Indonesia untuk bekerja sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan yang berlaku di Malaysia, salah satunya adalah paham isi perjanjian kerja, memiliki salinan paspor, dan izin kerja.***(Humas/BP3TKI Mataram)
 

Share: