Peningkatan Kerjasama Perlindungan, Upaya Optimalisasi Perlindungan dan Pemberdayaan di Wilayah DKI Jakarta

04 Desember 2018 17:23 WIB

Sinergi Peningkatan Kerjasama Perlindungan
Jakarta, BP3TKI Jakarta, Selasa (04/11) - Dalam rangka pengoptimalisasian perlindungan dan pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI), Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Jakarta menyelenggarakan Rapat Koordinasi Peningkatan Kerjasama Perlindungan PMI di DKI Jakarta, (04/11) di Kantor BP3TKI Jakarta, Jalan Penganten Ali No.71 Ciracas, Jakarta Timur.

Hadir pada kegiatan tersebut beberapa instansi yang aktif bersinergi mengenai perlindungan khususnya pada sektor pelayanan kepulanagan PMI bermasalah, sakit dan meninggal dunia serta pada sektor pemberdayaan bagi PMI Purna dan Keluarganya diantaranya Kasi Kerjasama Lembaga Keuangan dan Remitansi BNP2TKI, Kasi Kerjasama Debarkasi BNP2TKI, Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC), Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Serang, Koordinator Pelayanan Kepulangan di Common Use Lounge (CUL) Bandara Soekarno Hatta, Dit PWNI BHI Kementerian Luar Negeri, Bank Indonesia Perwakilan DKI Jakarta serta Kasi Kerjasama dan Kemitraan Industri Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta.

Kepala BP3TKI Jakarta, dalam paparannya menjelaskan bahwa pada 2018 ini terhitung sudah 30 kali perjalanan yang memfasilitasi kepulangan PMI bermasalah ke daerah asal maupun ke RPTC jika PMI tersebut perlu di rehabilitasi maupun terdapat kelanjutan proses hukum yang harus ditangani terlebih dahulu. Selain pelayanan kepulangan, sejak tahun 2010 BP3TKI Jakarta telah membina 1035 PMI Purna dan keluarganya yang sampai kini masih patut kita fasilitasi peningkatan kualitas produknya.

"saya harap rapat ini mempererat  kerjasama yang selama ini telah kita bina, sehingga baik pelayanan kepulangan dan pemberdayaan dapat lebih di optimalkan", harap Mucharom.

Diskusi antar instansi bergulir dalam rapat, setiap instansi mengemukakan program-program yang dapat disinergikan dengan BP3TKI Jakarta. Seperti Bank Indonesia Perwakilan DKI Jakarta yang bersinergi terkait remitansi PMI regional DKI Jakarta dan Dinas Perindustrian dan Energi yang akan bersinergi terkait pelatihan peningkatan kualitas kemasan produk, sertifikasi halal, dan lain-lain terkait pemberdayaan pada tahun 2019 mendatang.

RPTC, BP3TKI Serang, CUL, PWNI BHI Kementerian Luar Negeri serta subdit pelayanan kepulangan BNP2TKI fokus pada permasalahan dan optimalisasi sinergitas pelayanan kepulangan dan perlindungan PMI. (Humas/pw/rs)

Share: