BNP2TKI Berpartisipasi dalam Job Fair Expo Bandung

22 Februari 2019 17:27 WIB

Suasana pengunjung di booth BNP2TKI dalam kegiatan Job Fair di Bandung yang diadakan selama 2 hari (20-2/2/2019)
Bandung, BNP2TKI, Jumat (22/2/2019)__Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui Direktorat PH I, Deputi Bidang KLN dan Promosi, berpartisipasi kembali dalam Karier Expo di Landmark Convention Hall Bandung  selama 2 (dua) hari (20-21 Februari 2019) yang diselenggarakan oleh Media Karier Production.
 
Booth BNP2TKI terdiri dari Tim Kedeputian Bidang KLNP, BP3TKI Bandung dan P3MI (PT Sudinar Artha, PT Timuraya Jaya Lestari dan PT Wira Karitas) menawarkan lowongan kerja ke luar negeri yang siap untuk dilamar pencari kerja yang siap bekerja, antara lain sektor konstruksi, manufaktur, transportasi, ABK dan pelaut perikanan dan pertanian/perkebunan. Event Organizer Job Fair mengikutsertakan 33 perusahaan yang terdiri dari BUMN, swasta nasional, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
 
Pelayanan yang disampaikan oleh petugas di booth BNP2TKI adalah melayani para pencari kerja dengan memberikan informasi tentang lowongan yang tersedia dan dapat dilamar juga mengenai tata cara bekerja ke luar negeri,biaya penempatan, perlindungan bagi PMI. Para pencaker juga dapat melamar lowongan melalui website jobsinfo.bnp2tki.go.id dengan bimbingan langsung oleh petugas BNP2TKI dengan menggunakan laptop yang telah disediakan.
 
Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri I (PH-TKLN I), Deputi Kerjasama Luar Negeri BNP2TKI, Seriulina Tarigan mengatakan bahwa salah satu bentuk padupadan Supply dengan Demand secara langsung adalah melalui Job Fair. Kegiatan ini merupakan bukti Pemerintah hadir dalam melayani pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan maupun perusahaan/pengguna yg membutuhkan pekerja. Bagi pencaker yang matcing langsung proses penempatan untuk bekerja ke Luar Negeri, namun bagi pekerja yang unmatch dapat kita tindak lanjuti melalui upgrading skill agar memenuhi dengan persyaratan jabatan yg ditentukan oleh pengguna (demand).
 
“Saya yakin bahwa ajang job fair ini sangat bermanfaat bagi pihak pencari kerja maupun pihak pengguna, terbukti bahwa di setiap acara Job Fair di berbagai daerah sangat banyak dikunjungi oleh pencari kerja’, ujar Seriulina.

Adapun jumlah pengunjung Job Fair Karir Expo Bandung selama pelaksanaan Job Fair yaitu mencapai 6.423 orang. Jumlah pengunjung yang langsung dilayani oleh petugas di booth BNP2TKI sebanyak 694 orang. Dari jumlah ini, yang padupadan (macthing) sebanyak 58 orang melalui skema P to P (Private to Private) untuk sektor manufaktur, pertanian dan hospitality ke Negara Malaysia, Kuwait, UEA dan Saudi Arabia.
 
Secara terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Keterpaduan Penawaran dan Permintaan Data, Maria Sidauruk menambahkan bahwa jumlah pengunjung selama dua hari berjumlah 6.423 orang. Menurutnya, hal ini cukup banyak dan sesuai dengan target yang diharapkan. **(Humas/Lily)
 

Share: