Kenalkan Praktik Pengelolaan Keuangan Keluarga, DWP BNP2TKI Undang PT Pegadaian dan Bank BRI

15 Maret 2019 10:10 WIB

Ketua DWP BNP2TKI, Marita Tatang Razak (duduk, ketiga dari kiri) dan Penasihat DWP BNP2TKI, Dily Nusron Wahid (duduk, keempat dari kiri) bersama perwakilan PT Pegadaian dan Bank BRI, juga pengurus dan anggota DWP BNP2TKI (Foto: Lily)
Jakarta, BNP2TKI (15/03/19) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) kembali mengadakan pertemuan rutin dengan agenda arisan dan presentasi produk investasi keuangan dari PT Pegadaian dan Bank BRI di Ruang Rapat Kepala BNP2TKI Lantai 2 Gedung BNP2TKI, Jakarta, Jumat (15/03/19). 
 
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan literasi keuangan bertema pengelolaan keuangan keluarga yang diadakan sebelumnya pada Januari 2019 dengan narasumber dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
“Hari ini adalah praktik bagaimana cara mengelola keuangan keluarga tersebut,” ungkap Dily Nusron Wahid selaku Penasihat DWP BNP2TKI.
 
Hadir juga dalam acara ini, Ketua DWP BNP2TKI, Marita Tatang Razak, beserta pengurus dan anggota DWP BNP2TKI, juga para pegawai wanita di lingkup BNP2TKI.
 
Acara dimulai dengan presentasi dari PT Pegadaian dan Bank BRI mengenai produk investasi keuangannya masing-masing. Dalam presentasinya, Rahadian, wakil dari PT Pegadaian, menyampaikan dua buah produk investasi keuangan mereka, yakni Logam Mulia dan Tabungan Emas. Sedangkan dari pihak Bank BRI Pusat yang diwakili oleh Alfian Gunarso memperkenalkan produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) BRI yang bernama BRIFINE.
 
Acara ini merupakan salah satu agenda kerja dari DWP BNP2TKI. Seperti diketahui, DWP BNP2TKI setiap tahun sudah memiliki agenda program kerja yang mencakup bidang pendidikan, sosial budaya, ekonomi, dan lainnya. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan serta melakukan pemberdayaan di berbagai bidang.
 
“Semua kegiatan DWP BNP2TKI sudah direncanakan terlebih dahulu pada setiap akhir tahun untuk dilaksanakan pada satu tahun ke depan. Pertemuan rutinnya diadakan dua bulan sekali, dan bentuknya tidak sekadar arisan, tapi bisa juga berupa kunjungan, kegiatan bakti sosial, pemberdayaan ekonomi, dan lain-lain. Kami juga menghadiri kegiatan yang diadakan di DWP Pusat atau  undangan kegiatan di DWP instansi lain,” jelas Marita Tatang Razak.
 
Marita juga menambahkan bahwa, setiap kegiatan yang diadakan DWP BNP2TKI akan langsung dilaporkan ke DWP Pusat melalui e-reporting. Dalam laporan tersebut nantinya akan terlihat apa saja dan berapa banyak kegiatan yang sudah dilakukan oleh DWP BNP2TKI. Pada akhir tahun seluruh kegiatan tersebut akan menentukan ranking yang didapatkan DWP BNP2TKI.
 
“Tahun lalu ranking kita naik, semoga tahun ini bisa naik lagi,” ujar Marita.
 
Ke depannya, DWP BNP2TKI berencana mengadakan kegiatan kunjungan ke beberapa tempat, melakukan pemberdayaan ekonomi, mengadakan paket Ramadhan, serta mengundang pihak-pihak lain dalam mengimplilkasikan ilmu literasi keuangan.
Melalui kegiatan ini Marita Tatang Razak berharap, setidaknya pengurus dan anggota yang hadir bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas mengenai produk-produk keuangan yang telah dipresentasikan.
 
“Paling tidak untuk skala kecilnya, pengetahuan itu bisa berguna untuk pengelolaan keuangan keluarga mereka masing-masing. Lalu skala luasnya adalah bisa membagikan pengetahuan tersebut kepada anak-anak mereka, sehinga intinya kegiatan ini bisa bermanfaat,” tutup Marita Tatang Razak. *** (Humas/MAY)

Share: